Tetapkan Zakat, Kemenag Benteng Gelar Rapat

Tetapkan Zakat, Kemenag Benteng Gelar Rapat

Bengkulu Tengah (Humas) –  Ketika akan mendekati hari raya Idul Fitri, masyarakat mulai bersiap-siap membayar zakat fitrah. Zakat fitrah sendiri bersifat wajib bagi umat muslim, zakat ini bayarkan dalam bentuk uang tunai dapat juga dalam bentuk beras yang harus dilakukan sebelum batas akhit atau sebelum waktu shalat Idul fitri.

Untuk itu Kantor Kemenag Kab. Bengkulu Tengah melalui Seksi Bimas Islam menggelar Rapat Penentuan Besaran Zakat Fitrah Tahun 1442 H. Bertempat di Aula Sakinah Kantor Kemenag Kab. Bengkulu Tengah, rapat tersebut di hadiri langsung oleh pihak Pemerintah Daerah Kab. Bengkulu Tengah, Baznas Kab. Bengkulu Tengah, Tokoh Agama dan Organisasi Masyarakat Islam Kab. Bengkulu Tengah.

Pertemuan tersebut di pimpin langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Bengkulu Tengah H.Sipuan, S.Ag.,MM. Dalam kesempatannya, beliau memberikan apresiasi atas pelaksanaan rapat bersama dalam rangka menentukan dan menetapkan besaran zakat fitrah, infaq, dan sedekah. Menurut beliau, momen rapat bersama ini sebagai bentuk responsif dan aspiratif terhadap perkembangan pengelolaan zakat yang lebih efektif dan efisien.

Pria yang juga pernah menjabat Kepala Kantor Kemenag Kab. Seluma itu berharap Pemerintah Kecamatan, Desa dan Kepala KUA setempat agar dapat mendorong masyarakat untuk dapat membayar zakat yang merupakan kewajiban setiap umat islam. Maka dalam rapat tersebut, Zakat Fitrah Tahun 1442 H/2021 ditetapkan sebagai berikut :

  1. Zakat Fitrah di Kab. Bengkulu Tengah diambil berdasarkan dengan harga beras yang beredar terbanyak di Kab. Bengkulu Tengah yaitu tertinggi Rp. 18.000/cupak, sedang Rp. 16.000/cupak dan terendah Rp.14.000/cupak.
  2. Sesuai dengan ketentuan bahwa besaran Zakat Fitrah adalah 2,5 Kg/jiwa atau disamakan dengan 10 canting beras :

                     Tertinggi Rp. 18.000/cupak = 12.000/kg

                     Sedang Rp. 16.000/cupak =   10.500/kg

                     Terendah Rp. 14.000/cupak = 9.500/kg

  1. Jadi untuk Wilayah Kab. Bengkulu Tengah besaran Zakat Fitrah pada Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H/2021 Masehi adalah 2,5 kg beras atau disamakan dengan 10 canting beras yang disesuaikan dengan beras yang dikonsumsi masing-masing keluarga dalam Wilayah setempat bila diuangkan adalah :

          Tertinggi : Rp. 30.000/jiwa

          Sedang : Rp. 27.000/jiwa

          Terendah : Rp. 25.000/jiwa                                      

Pada rapat tersebut, Kakan Kemenag Kab. Bengkulu Tengah menghimbau agar masyarakat dapat segera menyalurkan zakat fitahnya kepada yang berhak menerima dan sebelum masa kewajiban menunaikannya berakhir. “Kepada seluruh Kepala KUA untuk segera menginformasikan standar zakar fitrah ini kepada masyarakat di Wilayah tugas masing-masing,” ucap H. Sipuan.

Bagikan :