Kultum Kemenag Bengkulu Selatan, Syukri : Manusia Harus Selalu Bersyukur

Kultum Kemenag Bengkulu Selatan, Syukri : Manusia Harus Selalu Bersyukur

Bengkulu Selatan (Humas) – Kuliah tujuh menit (Kultum) merupakan acara yang digelar oleh Kantor Kementerian Agama Bengkulu Selatan yang diadakan selama bulan puasa Ramadan. Kepala Kantor Kemenag Bengkulu Selatan,Dr.H.Junni Muslimin, MA turut hadir beserta seluruh jajaran pegawai ASN dan honorer Kemenag Bengkulu Selatan berkumpul di masjid Kemenag BS menjelang sholat Dzuhur untuk melaksanakan sholat berjamaah dan mendengarkan Kultum pada Senin (19/4).Ahmad Syukri, M.Pd, Kasi Pendidikan Madrasah selaku pengisi materi Kultum hari ini menyampaikan materi singkat mengenai salah satu sifat yang harus dimiliki manusia yaitu sifat bersyukur.

“Manusia adalah makhluk yang tidak pernah puas dalam kehidupannya. Hal ini dikarenakan manusia memiliki nafsu dalam dirinya. Selama bulan puasa ini kita harus bisa mengkontrol hawa nafsu yang ada di diri kita. Jangan jadikan diri kita menjadi manusia yang menuruti perkataan setan. Mengejar nafsu duniawi tanpa memikirkan bahwa sebenarnya apa yang telah diberikan oleh Allah SWT adalah sebaik-baik pemberian untuk diri kita sendiri.”ungkap Syukri.

Lebih jauh Syukri menjelaskan bahwa dengan sikap bersyukur, kita akan mendapat syafaat yang lebih lagi. Hidup akan menjadi lebih tenang karena tidak memikirkan dan tidak memaksakan untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya di luar batas kita. Selain itu, dengan bersyukur kita akan menjadi lebih sehat karena jika pikiran kita tenang hal itu akan memberikan stimulus yang positif bagi tubuh kita.

“Banyak sekali manfaat bersyukur untuk diri kita, terutama untuk kesehatan mental kita. Oleh karena itu semoga dengan adanya kultum ini, kita akan lebih mawas diri, menjadi pribadi yang bersyukur dan mampu mengotrol hawa nafsu kita.”harap Syukri di akhir Kultum. (Eka)

Bagikan :