Penetapan 1 Ramadhan, Ka.Kankemenag Kota Pantau Hilal

Penetapan 1 Ramadhan, Ka.Kankemenag Kota Pantau Hilal

Kota Bengkulu (Humas) Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bengkulu mengikuti pematauan hilal (rukyatul hilal) yang diadakan oleh Badah Hisab Rukyat Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu bekerja sama dengan Badan meteorologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi bengkulu, Senin 12 April 2021. Kegiatan yang diadakan di mess pemda provinsi Bengkulu tersebut dihadiri oleh Kakanwil Kemenag provinsi Bengkulu yang diwakili oleh Kepala bagian tata Usaha Kanwil Kemenag provinsi Bengkulu, perwakilan ormas Islam, Kepala Kemenag se-provinsi Bengkulu dan awak media.

Dari hasil prediksi BMKG, bahwa hilal baru akan terlihat di Kota Bengkulu pukul 18.12 WIB dan akan muncul selama 15 menit. Setelah menunggu hingga pukul 18.30, hilal belum juga terlihat dikarenakan faktor awan yang menutupi langit.

Meski demikian, Pemerintah melalui kemeterian Agama Republik Indonesia telah menetapkan 1 Ramadhan 1441 H jatuh pada tanggal 13 April 2021. Itu didasarkan pada hilal yang telah Nampak di beberapa titik pemantauan yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

Drs. H. Zainal Abidin, M.H selaku Kepala Kantor Kemenag Kota Bengkulu mengungkapkan rasa syukurnya karena tidak ada perbedaan tentang penetapan 1 ramadhan. “Alhamdulillah Ormas islam, MUI dan pemerintah sepakat bahwa 1 Ramadhan jatuh pada Hari Selasa 13 April 2021. Mari kita maksimalkan bulan Ramadhan tahun ini dengan memperbanyak ibadah di bulan suci Ramadhan” jelas Zainal.  

Bagikan :