Hadiri Silaturahmi Forum Komunikasi, Kakanwil Siap Tindaklanjuti Program Prioritas

Hadiri Silaturahmi Forum Komunikasi, Kakanwil Siap Tindaklanjuti Program Prioritas

JAKARTA (HUMAS) ---- Kakanwil Kemenag Drs. H. Zahdi Taher., M.HI menghadiri Silaturahmi Forum Komunikasi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama se-Indonesia, di Jakarta bersama Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Senin, (12/4).

Kakanwil menyatakan siap menindaklanjuti program prioritas yang telah ditetapkan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) minggu yang lalu, dan siap berkonsentrasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, seperti amanah Menag RI.

‘’Penekanan beliau adalah pada pelayanan. Karenanya saya mengajak jajaran Kemenag se-Provinsi Bengkulu untuk konsentrasi dalam melayani seluruh masyarakat,’’tegas Zahdi.  

Zahdi juga menekankan, bahwa aparatur yang berada di Kementerian Agama di Bengkulu harus melayani seluruh umat beragama, bukan hanya satu agama saja. Apalagi Menag juga berpesan, jangan ada korupsi, kolusi, bahkan diskriminasi di Kemenag ini.

‘’Penegasan Bapak Menag ini, harus menjadi evaluasi kita bersama,’’ pesan Kakanwil.

Dalam kesempatan itu, Kakanwil juga siap berkomitmen memberikan perbaikan tata kelola birokrasi dan layanan publik. Ini tentu, merupakan tugas jajaran Kemenag di masing-masing daerah sebagai perpanjangan birokrasi Kemenag RI.

‘’Dalam tata kelola birokrasi dan layanan, saya selalu menekankan kepada jajaran Kemenag di Bengkulu mengintensifkan dan mari kita bangun koordinasi dan komunikasi, dan tentu kolaborasi,’’ pinta Zahdi.

Kakanwil juga meminta kepada jajarannya agar responsif terhadap permasalahan yang terjadi di wilayah satuan kerja masing-masing.

“Jika ada masalah terkait kerukunan umat beragama, selesaikan baik-baik,’’ ujar Kakanwil lagi.

Termasuk terkait transaksional jabatan, pemotongan bantuan. Bahwa pihaknya juga siap menindaklanjutinya, dan tentu Kakanwil juga meminta jajarannya untuk mendukung program skala prioritas Menag RI tersebut.

‘’Sekali lagi, mari kita dukung program Bapak Menag RI dan mengimplementasikan program prioritas yang telah disepakati dalam Rakernas lalu,’’ demikian Zahdi.

Berikut Enam program prioritas Kemenag meliputi: 
a.    Penguatan Moderasi Beragama di internal Kementerian Agama dan masyarakat
b.    Transformasi Digital untuk layanan publik dan kinerja aparatur
c.    Revitalisasi KUA sebagai etalase layanan keagamaan 
d.    Kemandirian Pesantren agar pesantren memiliki sumber daya ekonomi yang kuat dan berkelanjutan sehingga dapat menjalankan fungsi pendidikan, dakwah dan pemberdayaan masyarakat secara optimal
e.    Cyber Islamic University untuk memberikan akses pendidikan berkualitas dan merata
f.    Religiosity Index sebagai alat ukur untuk menjadikan Indonesia sebagai barometer kualitas ukhuwah islamiyah, wathoniyah dan basyariyah. (Tatang/Humas)

 

Bagikan :