Semarakkan Bulan Suci Ramadhan, Kakanwil Titip Tiga Pesan Khusus

Semarakkan Bulan Suci Ramadhan, Kakanwil Titip Tiga Pesan Khusus

BENGKULU (HUMAS) --- Kakanwil Kemenag Drs. H. Zahdi Taher., M.HI menitipkan tiga point pesan khusus kepada masyarakat, dan seluruh aparatur di jajaran Kemenag se-Provinsi Bengkulu, dalam rangka menghadapi bulan suci Ramadhan 1442 H.

Tiga point tersebut. Pertama, mengajak kepada seluruh masyarakat dan aparatur Kemenag untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan dengan saling memaafkan.

‘’Bulan yang suci ini perlu disambut dengan kegembiraan, namun juga yang terpenting mari kita semarakkan dengan saling maaf memaafkan antarsesama,’’ kata Zahdi yang saat ini sedang mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Menag RI. Senin, (12/4). 

‘’Dengan saling maaf-memaafkan, akan lebih mengurangi beban sosial seorang Muslim serta memperkuat silaturahim antarsesama muslim ataupun dengan nonmuslim," pesan Kakanwil lagi.

Kedua, momentum bulan suci Ramadhan juga harus dijadikan evaluasi bagi umat muslim untuk meningkatkan ibadah.

 ‘’Bulan suci Ramadhan merupakan kesempatan bagi setiap hamba Allah untuk lebih meningkatkan ketakwaan, dikarenakan bulan ini memiliki beberapa keutamaan. Karena itu, mari kita hidupkan malam-malam bulan Ramadhan, dengan ibadah kepada Allah SWT,’’ pinta Kakanwil.

Ketiga, Kakanwil mengingatkan kepada jajarannya agar selama menjalankan bulan suci Ramadhan untuk menjadi teladan masyarakat dengan mengkampanyekan dan menerapkan protokol kesehatan 5 M.

 

‘’Kelima protokol tersebut yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan interaksi, serta menjauhi kerumunan,’’ harap Kakanwil.

Sementara itu, dikesempatan yang sama, Kabag Tata Usaha Drs. H. Hamdani., M.Pd menyampaikan, bahwa jam kerja PNS selama Ramadhan akan dikurangi. Hal ini menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo tentang Penetapan Jam Kerja Pada Ramadhan 1442 Hijriah Bagi ASN di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Jam kerja selama Bulan Ramadhan yakni Senin-Kamis pukul 08.00 WIB-15.00 WIB. "Waktu istirahatnya pukul 12.00 WIB-12.30 WIB," tutur Kabag.

‘’Sementara, pada Hari Jumat, jam kerja 08.00 WIB-15.30 WIB dengan waktu istirahat pukul 11.30 WIB-12.30 WIB,’’ lanjut Kabag lagi.  

Kemudian sambut Kabag, selama bulan  suci Ramadhan, pihaknya akan mengemas kegiatan tausyiah setelah shalat zuhur berjamaah.

‘’Petugas sudah disusun, dan akan diberikan secara bergiliran. Karenannya, semoga dibulan yang suci ini, mudah-mudahan kita selalu dalam lindungannya,’’ demikian Kabag. (Tatang)

 

Bagikan :