Ikuti Pembinaan Oleh Dirjen Pendis, Kamad MTsN 1 Terapkan Konsep IHSAN

Kota Bengkulu (Humas)-Kepala Madrasah Tsnawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Bengkulu, Eza Avlenda, S.Pd, M.Si. baru-baru ini mengikuti Kegiatan Pembinaan Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama RI yang diadakan di Aula Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Bengkulu.

Pada kesempatan ini, Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP.M.T. selaku Dirjen Pendis memberikan materi, yaitu 5 (lima) prinsip IHSAN, yang merupakan akronim dari Integritas, Humanisme, Spritualitas, Adaptability, Nationality.

Pertama, Integritas. Dirjen mengatakan, Pendidikan Islam harus mampu menciptakan atau melahirkan alumni madrasah yang memiliki integritas.

“Proses pengajaran dalam pendidikan Islam,  tidak hanya sebatas transformasi keilmuan atau mengajarkan learning knowlagde learning to do, akan tetapi siswa  madrasah harus memahami betul tentang eksistensi dia sebagai manusia dengan  integritas yang baik, serta pemahaman yang  baik  tentang  makna  kejujuran dalam kehidupannya,” terangnya.

Kedua, Humanity. Proses pendidikan yang berlangsung di madrasah, harus mampu menampilkan nilai-nilai kemanusiaan. Setiap proses pengajaran di madrasah  jangan sampai menjadi beban tersendiri bagi anak didik.

Ketiga, Sprituality. Orang yang memiliki nilai-nilai spiritual, aktivitasnya selalu diniatkan sebagai ibadah. Guru yang sadar bahwa proses  dan eksistensi hidupnya adalah  memberikan makna terhadap orang lain, tidak hanya memikirkan diri sendiri, maka dia memiliki nilai spiritual yang baik.

Keempat,  Adaptability. Yaitu,  kemampuan manusia untuk menyelaraskan diri dan berdialog dengan lingkungan strategis di sekitarnya, tanpa kehilangan identitasnya.

Terakhir atau kelima adalah Nationality. Proses pendidikan madrasah  harus mengajarkan kecintaan pada tanah air. Itu adalah bagian dari batang tubuh seorang manusia dan lembaganya.Kepala MTsN 1 Kota Bengkulu, EzaAvlendaS.Pd, M,Si. mengungkapkan terimakasih kepada pemateri Dirjen Pendis Kemenag RI yang  telah memberikan materi dan pembinaan.

“Terima kasih kepada  Dirjen Pendis Kemenag RI yang  telah memberikan materi dan pembinaan kepada kami. Semoga lima konsep IHSAN dapat diterapkan dengan baik di MTsN1 Kota Bengkulu dalam rangka mewujudkan Madrasah yang Hebat dan Bermartabat,”,tutup Eza. (IZ/Popi)

Bagikan :