Tangis Haru Menyelimuti Acara Ujian Terbuka Tahfidz Quran Angkatan II MTs N 1 Seluma

Tangis Haru Menyelimuti Acara Ujian Terbuka Tahfidz Quran Angkatan II MTs N 1 Seluma

Seluma (Inmas) Rabu, 1 April 2021 bertempat di masjid Al-Muhtadin desa Tumbuan, MTsN 1 Seluma kembali menggelar ujian terbuka (ujian tahap 3) tahfidz quran juz 29 dan 30. Ujian terbuka tahfidz quran ini merupakan angkatan ke-2 setelah pada tahun ajaran 2019/2020 sukses menggelar wisuda untuk angkatan-1. Adapun peserta yang mengikuti ujian tahfidz pada angkatan-2 ini berjumlah 24 orang, dengan rincian 2 orang juz 29, dan 22 orang juz 30. Sebelumnya masing-masing peserta telah melalui dua tahap ujian yaitu dengan menyetorkan hafalannya kepada pembimbingnya setiap hari setelah sholat dhuha, dan pada tahap dua diuji kembali dengan menyetorkan hafalannya 1 juz sekaligus, dalam waktu 1 jam di depan pembimbing yang lain.

Sebelum melaksanakan ujian terbuka (munaqosah), siswa-siswi melakukan karantina selama 1 minggu untuk mengulang kembali hafalan Al-Qur’annya. Para Muhafiz atau penguji diambil dari Guru Tahfidz MTs Negeri 1 Seluma dan tim tahfidz yang telah dibentuk oleh kepala madrasah. Selama mengikuti karantina, siswa-siswi dibimbing oleh Patriansyah, S.Pd.I., dan Henggar Wiecaksono, S.Pd., selaku pembina Rumah Tahfidz Qurrata A’yun.

Suasana harupun menyelimuti kegiatan ujian terbuka tahfidz Qur’an siswa-siswi  MTsN 1 Seluma. Disaksikan oleh seluruh siswa, dewan guru, undangan dan pengurus masjid, para hafidzul qur’an dengan didampingi orang tuanya satu persatu membacakan hafalan Al Qur’an di hadapan para penguji. Tangis haru dari para orang tua dan seluruh yang hadir tidak dapat terbendung lagi kala menyaksikan siswa-siswi penghafal Al Qur’an ini menyelesaikan bacaan Al Qur’annya dan dinyatakan lulus. Siswa-siswi diuji dengan menjawab tiga soal sambung ayat secara acak. Untuk aspek yang dinilai adalah tajwid serta kelancaran dalam menghafal Al-Qur’an.

Dalam sambutannya Kepala MTsN 1 Seluma Emi Sudarmi, M.Pd.I.,  menyampaikan bahwa salah satu program unggulan di MTsN 1 Seluma adalah tahfidz quran. Sebagai jaminan kualitas (quality assurance) insya Allah lulusan MTsN 1 Seluma setidaknya memiliki hafalan minimal 1 juz. Program ini bertujuan untuk mencetak generasi penghafal Al-Qur’an.

“Alhamdulillah di tengah keterbatasan kita dan pandemic covid19, meskipun baru berjalan satu semester tahun ini anak kita sudah ada yang menyelesaikan hafalan qurannya. Bahkan ada yang sudah hafal 2 juz. Kami mohon dukungan dan kerjasamanya kepada seluruh wali murid agar target kita bisa tercapai dengan mendampingi anandanya menghafal ketika di rumah. Kami juga mengapresiasi anak-anak yang terus bersemangat menghafal Al quran disamping mereka juga harus belajar ekstra untuk mempelajari mata pelajaran lain dan mengikuti ujian sekolah sebagaimana siswa di Madrasah pada umumnya”. Jelas Emi.

Emi juga berpesan kepada seluruh peserta ujian untuk tetap menjaga sholat dan adab sebagaimana tema yang diangkat pada ujian tahfidz kali ini, “Berakhlak Mulia dengan Al Quran”.

Selanjutnya siswa yang dinyatakan lulus pada ujian terbuka kali ini, nantinya akan diwisuda pada Rabu, 7 April 2021 bertepatan dengan acara puncak FANDENTION ke-2 yang insya Allah akan dihadiri Gubernur Bengkulu.  (HW)

Bagikan :