H. Heriansyah : UABN Mengukur Kualitas Lulusan MDTA dengan Baik

H. Heriansyah : UABN Mengukur Kualitas Lulusan MDTA dengan Baik

Lebong (Humas) --- Penyelenggaraan Ujian Akhir Bersama Nasional Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (UABN MDTA) Tahun Pelajaran 2020/2021 dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, dari tanggal 29 Maret 2021 hingga 01 April 2021.

‘’Ada 7 Mata Pelajaran yang diujikan dalam UABN MDTA kali ini, yakni Alqur’an, Hadits, Aqidah, Akhlaq, Fiqh, SKI/Tarikh, dan Bahasa Arab,’’ kata Kakan Kemenag Kabupaten Lebong H. Heriansyah ketika mendampingi Kabid Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (PAPKIS) Kanwil Drs. Albahri, M.Si bersama Tim melakukan Monev UABN MDTA di Kabupaten Lebong.

Tim melakukan Monev UABN MDTA di Pondok Pesantren Nurul Quran dan Yayasan Daarul Tahfidz Qur’an Al Falah Kabupaten Lebong. Seperti diungkapkan Albahri, bahwa monep ini penting dilaksanakan dalam rangka menjalin silaturahmi, juga bertujuan untuk melihat keberadaan MDTA.

‘’MDTA adalah wajah masa depan islam indonesia. Diperlukan tenaga pendidik yang berkompeten dalam pendidikan agama islam Diniyah. Kepada ustadz/ustadzah yang sudah lama mengajar diharapkan dapat lebih mengembangkan pendidikan akhlak moral dan karakter bagi santri-santri diniyah dalam memberikan pendidikan dan pengajaran,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong menjelaskan dengan mengikuti UABN dapat mengukur kualitas lulusan MDTA dengan baik. Selain itu juga dapat menumbuhkan semangat dan kesadaran bersama antar santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah tingkat nasional.

“Kepada seluruh santri untuk fokus menjawab soal ujian, jangan terburu-buru, membaca soal dengan teliti, dan berdoa kepada Allah SWT agar hasil yang diraih nantinya memuaskan. Untuk Ustadz dan Ustadzah untuk selalu memberi semangat dan motivasi kepada santri-santri untuk percaya diri untuk melaksanakan ujian,” demikian H. Heriansyah (LN)

 

Bagikan :