Jadi Narasumber di Rakernas, Kemenag RL Apresiasi Ketua BPK RI

Jadi Narasumber di Rakernas, Kemenag RL Apresiasi Ketua BPK RI

Rejang Lebong (Humas) --- Ketua BPK RI menjadi salah satu narasumber dalam Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) Kementerian Agama RI yang digelar secara daring pada Senin, (5/4) yang lalu. Pencegahan dan Penyelesaian atas Hasil Pemeriksaan BPK RI menjadi tema yang diusung dalam sesi tersebut.

Sebagaimana tertulis dalam Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 Pasal 23E ayat (1) Untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab tentang keuangan negara diadakan satu Badan Pemeriksa Keuangan yang bebas dan mandiri. Lebih jauh, Pelaksanaan kegiatan pemeriksaan keuangan juga dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2004 Tentang Pemeriksaan Pengelolaan Dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.

Dalam kesempatan tersebut, pihak BPK menjelaskan bahwa BPK bertugas melakukan pemeriksaan terhadap pemeriksaan keuangan, pemeriksaan kinerja, dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu. Guna pemeriksaan tersebut, pihak BPK mengimbau agar melengkapi laporan-laporan keungan sesuai ketentuan aturan yang ada untuk masing-masing jenis pemeriksaan.

Berkesempatan menjadi peserta RAKERNAS, Kakan Kemenag rejang Lebong, H. Nopian Gusatari, S.Pd.I., M.Pd.I, mengapresiasi penjelasan dan pemaparan dari Ketua BPK RI. Dia berharap, penjelasan yang disampaikan BPK dapat menjadi acuan dalam melengkapi laporan keuangan negara.

‘’Banyak catatan dan pelajaran yang dipetik, nah ini menjadi evaluasi kami, terkhusus di lingkungan Kemenag RL. Sehingga kedepan, laporan keuangan bisa menjadi lebih baik,’’ demikian Nopian. (Lyanda)

 

 

Bagikan :