Pelaksanaan Ujian Praktik MIN 1 RL Berjalan Lancar

Pelaksanaan Ujian Praktik MIN 1 RL Berjalan Lancar

Rejang Lebong (Humas) - Memasuki hari terakhir pelaksanaan ujian praktik bagi siswa kelas VI (enam) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Rejang Lebong (RL) berjalan dengan lancar. Hal tersebut disampaikan Ketua pelaksana kegiatan Ujian Madrasah (UM) tahun pelajaran 2020/2021, Sri Sundari, S.Pd saat melakukan monitoring ke masing-masing kelas Jum’at (26/03).

Pada kesempatan tersebut, Sri Sundari menyampaikan bahwa pelaksanaan ujian praktik di MIN 1 RL yang dimulai sejak tanggal 22 Maret kemarin hingga hari ini berjalan dengan lancar dan seluruh siswa dapat mengikutinya dengan baik.

“Alhamdulillah pelaksanaan ujian praktik hingga hari ini dapat berjalan dengan lancar, seluruh siswa dapat mengikutinya dengan baik hal ini sesuai dengan apa yang kita harapkan,” ungkap Sri Sundari.

Sri Sundari menambahkan, pelaksanaan ujian praktik pada tahun ini sedikit berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya hal ini dikarenakan pelaksanaan ujian praktik pada tahun ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

“Pada tahun ini pelaksanaan ujian praktik di madrasah kita sedikit berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya karena pada saat ini kita melaksanakan ujian praktik di tengah pandemi Covid-19. Ada beberapa hal yang harus diterapkan ketika pelaksanaan ujian yang berkaitan dengan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan sentiasa mencuci tangan sebelum dan setelah selesai kegiatan. Siswa juga dibagi menjadi beberapa shift hal ini untuk mencegah terjadinya kerumunan,” tambah Sri Sundari.

Pelaksanaan ujian praktik di MIN 1 RL yang telah berlangsung selama lima hari ini mengujikan beberapa mata pelajaran diantaranya, Al-Qur’an & Hadist (hafalan surah al-qur’an dan hadist), Fiqih (wudhu dan sholat fardhu), Bahasa Arab (ta’aruf dan hafalan mufradat), IPA (sistem pernafasan pada manusia), SBDP (lagu wajib nasional dan lagu daerah), Bahasa Indonesia (pidato dan baca puisi), PJOK (lari multi level dan bola voli servis bawah) dan Bahasa Inggris (reading, listening, writing, dan speaking).

Sri Sundari berharap melalui kegiatan ujian praktik ini siswa dapat mengimplementasikan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari dan dapat bermanfaat untuk dirinya dan orang disekitarnya.

“Kegiatan ini disamping untuk pengambilan nilai ujian praktik, tetapi juga untuk mengingatkan kembali kepada siswa akan pelajaran yang telah dipelajari selama ini. Semoga setelah kegiatan ini, siswa dapat menerapkan pelajaran yang telah diterima selama belajar dan memberikan manfaat baik untuk dirinya sendiri maupun orang disekitarnya,” demikian Sri Sundari. (Randi)

Bagikan :