Vaksinasi Covid-19 Wujudkan Calon Jemaah Haji Kabupaten Lebong Yang Sehat dan Istitha’ah

Vaksinasi Covid-19 Wujudkan Calon Jemaah Haji Kabupaten Lebong Yang Sehat dan Istitha’ah

Lebong (Humas) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong H. Heriansyah melalui Penyelenggara Haji dan Umrah mengadakan kegiatan Sosialisasi Kesehatan Jamaah Haji dan Vaksinasi Calon Jamaah Haji Tahun 2021 dengan tema “Mewujudkan Calon Jamaah Haji Kabupaten Lebong Yang Sehat Dan Istitha’ah” pada hari Senin, (29/3) bertempat di Aula Sakinah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong.

Sosialisasi dan kegiatan vaksinasi Covid-19 ini dihadiri oleh Asisten Tiga Pemerintah Daerah Kabupaten Lebong Hj. Sumiati, SP., MM, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong Rachman, SKM., M.Si, petugas kesehatan 18 orang, dan calon jamaah haji sebanyak 92 orang dengan jenis kelamin laki-laki 41 orang dan perempuan 51 orang.

Pemerintah Arab Saudi belum memutuskan apakah tahun ini dibuka atau tidak, tetapi Arab Saudi mewajibkan bagi Calon Jamaah Haji tahun 2021 sudah melaksanakan suntik vaksin Covid 19. Pemeritah Arab Saudi memberi perpanjangan waktu sampai awal bulan april 2021 untuk penyelesaian vaksinasi Covid-19 bagi Calon Jamaah Haji Tahun 2021.

H. Heriansyah menyampaikan kepada Calon Jamaah Haji untuk menjaga kesehatan, keselamatan, dan istitha’ah. Salah satu bentuk usaha yang dilakukan dengan menjalankan vaksinasi Covid-19 kepada seluruh Calon Jamaah Haji.

“Bagi calon jamaah haji yang belum melakukan vaksinasi Covid-19 tidak diperbolehkan berangkat tahun ini, karena ditakutkan pada masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dapat menyebarkan virus ke jamaah lain,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama Asisten Tiga Pemkab Kabupaten Lebong Hj. Sumiati, SP., MM mengajak Calon Jamaah Haji untuk tidak mengeluh dan tetap bersyukur dengan hasil keputusan Pemerintah Arab Saudi nantinya. Dengan tetap menjaga kesehatan, menjalankan pola hidup sehat, dan menjalankan vaksin Covid-19 diharapkan seluruh Calon Jamaah Haji Kabupaten Lebong bisa berangkat tahun ini jika kebijakan Pemerintah Arab Saudi membuka pelaksanaan haji tahun 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong menjelaskan rangkaian kegiatan vaksinasi Covid-19 kepada calon jamaah haji Kabupaten Lebong hari ini meliputi pendaftaran peserta calon jamaah haji, tes skrining, pelayanan vaksin Covid-19, observasi kurang lebih 30 menit, dan memperoleh kartu vaksin online. Adapun petugas vaksin Covid-19 dari Dinas Kesehatan, Puskesmas Muara Aman, dan Puskesmas Tes yang berjumlah 18 orang tenaga kesehatan yang meliputi dokter, bidan, dan perawat. (LN)

Bagikan :