DWP Kemenag Benteng Ikuti Isra Mir’aj Virtual

DWP Kemenag Benteng Ikuti Isra Mir’aj Virtual

Bengkulu Tengah (Humas) – Bertempat di ruang rapat Kantor Kemenag Kab. Bengkulu Tengah, para pengurus Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah mengikuti acara Peringatan Isra Mir’aj Nabi Muhammad SAW 1442 H secara virtual atau Zoom Meeting, Jum’at (19/03)

Peringatan Isra Mir’aj Nabi Muhammad SAW 1442 H secara virtual tersebut di selenggarakan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag RI yang di hadiri Penasihat DWP Kemenag RI Hj. Eny Yaqut Cholil, Ketua DWP Kemenag RI Hj. Farikhah Nizar Ali serta Wakil Penasihat DWP Kemenag RI Hj. Halimah Zainut Tauhid dan jajaran pengurus DWP Kemenag RI.

Peringatan Isra Mir’aj yang di gelar DWP Kemenag ini mengangkat tema  "Peristiwa Isra Mi'raj Sebagai Motivasi Dalam Membangun Moderasi Beragama" di awali dengan Dzikir bersama dan di lanjutkan dengan Tausiyah oleh Prof. DR. M. Quraish Shihab.

Prof. DR. M. Quraish Shihab meyampaikan penerapan spiritualitas dan material dapat memotivasi kita dalam bermoderasi beragama yang tersirat dalam peristiwa Isra Mi'raj. Kaitan peristiwa Isra' Mi'raj dan Moderasi Beragama adalah Fitrah seorang manusia yaitu pertemuan spiritual dan materi yang menghimpun sehingga bisa memilih secara seimbang dan adil yang menentukan sesuatu pada tempatnya.

"Dalam beragama kita harus berkonsep pada Islam yang Wasathiyah yang dapat memahami perbedaan dalam menjalankan dan tidak boleh ekstrim, yakni memaksakan kehendak pemahaman agama kita," ucap mantan Menteri Agama RI pada Kabinet Pembangunan VII tersebut.

Sambutan dan arahannya, Penasihat DWP Kemenag RI Hj. Eny Yaqut Cholil mengatakan, Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW merupakan peristiwa penting sebagai perjalanan spiritual Nabi Muhammad sebagai utusan Allah dan bukan perjalanan biasa. “Isra Mi’raj merupakan perjalanan sarat makna tentang lika-liku perjalanan manusia. Menurut saya itu adalah dimensi intelektualitas yang dialami Nabi Muhammad SAW. Ini juga momen penting di mana Nabi Muhammad SAW menerima risalah salat lima waktu yang menjadi kewajiban bagi umat Islam dengan misi menyempurnakan akhlak,” kata istri dari Manteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

Dirinya juga menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan tersebut. “Atas nama Penasihat DWP, saya memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga peringatan Isra Mi’raj ini dapat menambah bobot kita untuk belajar dan terus belajar tentang pemahaman agama Islam”, tandasnya.

Di waktu yang terpisah usai mengikuti acara, Indaryani HK Rusman Saleh selaku Wakil Ketua DWP Kemenag Kab. Bengkulu Tengah dalam kesempatan ini mewakili Ketua DWP Kemenag Kab. Bengkulu Tengah Hj. Miniarti Sipuan menerangkan. Walaupun Peringatan Isra Mir’aj ini di gelar secara online tidak menyurutkan antusiasme para pengurus DWP Kemenag Kab. Bengkulu Tengah untuk mengikuti acara dengan khidmat, dan juga dirinya sangat memberi apresiasi semangat pengurus-pengurus DWP.

"Momentum Isra Mi'raj ini diharapkan mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT serta memperkuat ikatan silaturrahim antar sesama muslim dan pengurus serta anggota  DWP Kemenag Kab. Bengkulu Tengah pada khususnya" terang Indaryani HK.

Istri Kasubbag TU Dr.Rusman Saleh, M.Pd tersebut juga menyampaikan bahwa dengan Peringatan Isra Mir’aj ini diharapkan anggota pengurusa DWP Kemenag Kab. Bengkulu Tengah bisa memahami konsep moderasi beragama dalam kaitan peranan perempuan sebagai istri ASN atau ASN perempuan. "Sebagai pendamping suami, kita (istri) dituntut untuk menjadi pendamping yang baik atau istri yang sholihah dan mampu mendukung serta menyokong kesuksesan tugas para suami", ungkapnya

Bagikan :