Kasi Bimas Islam Kemenag BU: “PAI Adalah Garda Terdepan Hadapi Masyarakat”

Kasi Bimas Islam Kemenag BU: “PAI Adalah Garda Terdepan Hadapi Masyarakat”

Bengkulu Utara (Humas) - Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Kasi Bimas Islam), Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkulu Utara (BU), Hamid Muhakam, M.HI, beri Pembinaan terhadap para Penyuluh Agama Islam (PAI) PNS dan Non PNS di Tiga Kecamatan, Tanjung Agung Palik, Air Besi, serta Kerkap, Tahun 2021, di lingkungan Kantor Kemenag setempat, bertempat di ruang Aula Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sawang Lebar, Kecamatan Tanjung Agung Palik, Jum’at (26/3).

Dalam pembinaannya, Kasi Bimas Islam, Hamid Muhakam, M.HI, mengemukakan bahwa PAI adalah merupakan ujung tombak Kemenag, disamping Kantor Urusan Agama (KUA), karena PAI yang berada di garda terdepan dalam menghadapi masyarakat guna memberikan pemahaman, peningkatan pemahaman, dan pengamalan ajaran-ajaran Islam, sebagaiamana maksud dan tujuan dari perikrutan PAI itu sendiri, yaitu sebagai pembimbing, serta pendamping masyarakat Islam secara memadai dan merata.

“Karena PAI itu tugasnya sebagai pembimbing, serta pendamping masyarakat Islam, maka apa pun yang dilakukannya dalam kaitan tugas tersebut, adalah tidak ternilai secara materi. Ini adalah tugas mulia, dan amal jariyah, sebab telah berdakwah guna menyeru, serta mengajak pada kebajikan.”

Selanjutnya, Hamid Muhakam, M.HI, mengemukakan pula, berkaitan dengan dakwah itu, jika ingin mengajak orang kepada kebajikan, maka terlebih dahulu seorang penyuluh tersebut, memulainya dari diri sendiri, baru kemudian kepada keluarga, dan masyarakat, “Bida’ Bi Nafsih, mulailah dari diri sendiri, baru kepada yang lainnya,” ujarnya.

Disamping itu, karena tugas khusus PAI adalah memberikan pembinaan dan pengajaran di tengah-tengah masyarakat, sesuai tugas dan fungsinya, masih menurut Kasi Bimas Islam, Hamid Muhakam, M.HI, maka peningkatan potensi dan kompetensi diri menjadi sangat penting dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) nya.

“Peningkatan SDM melalui peningkatan potensi dan kompetensi seorang penyuluh, sangatlah penting, sehingga apa yang disampaikan nantinya, dapat dengan mudah diterima, dan dipahami oleh masyarakat.”

Berkaitan dengan itu, sebelum mengakhiri pembinaannya, Kasi Bimas Islam, Kemenag BU, Hamid Muhakam, M.HI, mengajak kepada semuanya untuk senantiasa menjaga Ukhwah Islamiyah, Ukhwah Basyiriyah, dan Ukhwah Wathoniyah.

“Mari kita sama-sama untuk menjaga Ukhwah Islamiyah, Ukhwah Basyiriyah, dan Ukhwah Wathoniyah.”

Disisi lain, turut hadir dalam kegiatan tersebut, selain Kasi Bimas Islam, Hamid Muhakam, M.HI, dan segenap PAI PNS dan Non PNS Kecamatan Tanjung Agung Palik, Air Besi, serta Kerkap, hadir Ka.Sub Bag TU, Samsir Alamsa, S.Ag.,M.Ag, Kasi PD Pontren, Harta, M.Pd, Wakil Koordinator Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) BU, Towilan, M.Pd, serta Ka. KUA Tanjung Agung Palik, Sopian, Ka.KUA Air Besi, Zulkarnain, dan Ka.KUA Kerkap, Satimin. {Erfin Bastary}

Bagikan :