Aksi Wujudkan Perpustakan Islam dan LPTQ, Kasi Bimas Islam Koordinasi Bersama Kabag Kesra Kota Bengkulu

Aksi Wujudkan Perpustakan Islam dan LPTQ, Kasi Bimas Islam Koordinasi Bersama Kabag Kesra Kota Bengkulu

Kota Bengkulu (Humas) - Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bengkulu telah melaksanakan koordinasi kepada Kabag Kesra Pemda Kota Bengkulu, Fajrul Afandi S.Sos. Dalam rangka membahas beberapa hal atau program yang harus segera dilaksanakan. Agar semuanya agar berjalan seperti apa yang diharapkan.

Disampaikan oleh Kasi Bimas Islam, H. Rolly Gunawan, M.HI., bahwa hal pertama yang dibahas adalah mengenai pembentukan kepustakaan Islam. Dimana, nantinya diharapkan setelah adanya ruang perpustakaan Islam ini dapat memicu dan mensugesti pada generasi dan jamaah, sehingga timbul minat baca mereka. Untuk menggali, memahami, dan menyimak kembali sejarah sejarah kebudayaan Islam, fiqih hukum Islam dan tata cara beribadah yang lebih baik.

Perpustakaan ini ini direncanakan akan berlokasi di salah satu ruangan yang ada di Masjid Agung At-Taqwa Anggut Atas, yang baru baru ini sudah diresmikan oleh Walikota Bengkulu setelah melalui proses renovasi sebagai Berendo Kota Bengkulu.

Nantinya buku-buku berkualitas mengenai pencerahan dan pemahaman serta edukasi tentang Agama Islam dan peradaban sejarah Islam ini bisa disalurkan melalui Dirjen Bimas Islam Pusat. Sehingga buku-buku berkualitas, termasuk Al-Qur'an dapat dikonsumsi oleh para jamaah dan generasi yang berinteraksi di Masjid tersebut.

Sedangkan hal kedua yang dibahas adalah mengenai giat pelaksanaan LPTQ dalam waktu dekat ini. Yang akan membina hafiz hafizah, qori qoriah, ustadz ustadzah. LPTQ ini dapat dikembangkan dan dikaderisasi kan dalam tahun ini. Sehingga Kota Bengkulu dapat selalu siap mengikuti event-event seperti STQ dan MTQ. Agar ke depan utusan Kota Bengkulu dapat lebih menunjukkan prestasi baik di tingkat Provinsi maupun Nasional.

LPTQ ini diharapkan juga dapat dilaksanakan secara rutin. Melibatkan seluruh pengurus LPTQ, agar dapat membina dan mensugesti kader kader Hafiz Hafizah, qori qoriah, dan ustadz ustadzah ini. Sehingga lebih siap dalam mengembangkan nilai-nilai dan seni baca Al-Qur'an serta hafalan Al-Qur'an. Hal ini tentunya dapat terlaksana atas sinergitas Kementerian Agama bersama Pemerintah Daerah yakni melalui Kabag Kesra. Agar apa yang dilaksanakan ini dapat di dikoordinasikan dengan baik dan tertib. Sehingga pelaksanaannya dapat berjalan sebagaimana yang kita harapkan. (Rolly/Popi)

Bagikan :