Peringati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, MAN 1 Mukomuko Adakan Lomba

Peringati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, MAN 1 Mukomuko Adakan Lomba

Mukomuko (Inmas). Menyambut hari peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhamad SAW, MAN 1 Mukomuko mengadakan lomba pidato dan lomba menyanyi lagu religi, pada Rabu, 10/03/2021. Lomba dibuka serara resmi oleh Kepala MAN 1 Mukomuko Nursyamsiah, M.Pd.  disaksikan oleh Pendidik dan Tenaga Kependidikan MAN 1 Mukomuko.

“Dua cabang ini bukan hanya sebatas seremonial saja, tetapi ada hikmah yang harus kita petik dari kegiatan ini untuk MAN 1 Mukomuko lebih baik lagi kedepannya. Selain itu, Kita berharap dengan adanya kegiatan ini, kita bisa berkompetisi dengan madrasah lainnya.” Tutur Nursyamsiah.

“Selain hal itu, pada kesempatan ini saya juga ingin menyampaikan bahwa kita mendapat kepercayaan sebagai Madrasah Penyelenggara Riset dengan adanya SK dari Dirjen Pendidikan Islam Nomor 6757 Tahun 2020. Seiring dengan ditetapkannya madrasah kita sebagai Madrasah Penyelenggara Riset, itu menjadi tanggungjawab kita bersama. Oleh karena itu, kedepannya kita akan mengembangkan kegiatan penelitian di MAN 1 Mukomuko.” Tambahnya.

Usai dibuka secara resmi oleh Nursyamsiah, kegiatan lomba dimulai dengan menyaksikan penampilan dari Asmaul Husna utusan dari kelas X IPA 1 Pemanggilan peserta dilakukan berdasarkan nomor peserta yang telah diperoleh peserta dari panitia berdasarkan waktu pendaftaran.

“Ada beberapa jenis lomba yang diusulkan namun yang kita pilih hanya dua yaitu lomba pidato dan lomba menyanyi lagu religi. Kedua jenis lomba itu dipilih dengan tujuan, agar kita dapat sekaligus mencari siswa yang berbakat untuk dibina sebagai persiapan lomba Syiar Anak Negeri.” tutur Nofrianita, S.Pd. (Pembina OSIM MAN 1 Mukomuko).

Lomba pidato dan Lomba menyanyi lagu religi diikuti oleh 16 peserta perwakilan setiap kelas untuk setiap cabang lomba. Menurut Wakil Kepala Madrasah Bagian Kesiswaan, Diki Nanda Putra, M.Pd.I. setiap kelas harus mengutus siswanya untuk mengikuti lomba. Kelas yang tidak mengutus siswanya mengikuti lomba, akan dikenakan denda oleh panita.

MAN 1 Mukomuko berharap melalui kegiatan ini, keluarga besar MAN 1 Mukomuko khususnya peserta didik dapat mengambil hikmah dari setiap peristiwa yang dilalui Rasullullah SAW, termasuk peristiwa Isra’ Mi’raj. Selain itu, MAN 1 Mukomuko juga berharap kegiatan ini dapat melatih mental ataupun kepercayaan diri siswa saat tampil di depan umum. *(J88)

Bagikan :