Kasi PHU “Kepastian Berangkat masih tunggu Pemerintah Arab Saudi”

Kasi PHU “Kepastian Berangkat masih tunggu Pemerintah Arab Saudi”

Kaur (HUMAS) --- Meskipun hingga saat ini Arab Saudi belum mengumumkan terkait kepastian keberangkatan haji musim 2021, namun Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kaur melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) tetap melakukan tahapan penyelenggaran ibadah haji.

“persiapan tetap dilakukan, jika sewaktu-waktu Pemerintah Arab Saudi membuka penyelenggaraan ibadah haji musim ini, semua persiapan sudah siap” kata Kasi Kasi PHU Kemenag Kabupaten Kaur Bujang Ruslan, MPd, Senin, (15/3).

Ia menjelaskan, Jamaah Calon Haji (JCH) yang berangkat tahun ini merupakan JCH yang masuk kuota haji tahun 2020 lalu. “Lantaran musim haji tahun 2020 kemarin dibatalkan akibat pandemi Covid-19 sehingga JCH tersebut diprioritaskan berangkat musim haji tahun ini.” ungkapnya.

Lebih lanjut Bujang Ruslan menuturkan tahapan yang telah dilakukan, seperti persiapan paspor untuk keberangkatan dan manasik haji bekerjasama dengan Pemerintah Daerah.

Namun begitu, pihaknya juga belum bisa memastikan untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021, apakah kuota tetap 100 persen atau berkurang. Karena sampai saat ini, pengumuman resmi serta petunjuk teknis terkait pelaksanaannya belum ada.

“sampai saat ini Pemerintah Indonesia masih menunggu kepastian dari Pemerintah Arab Saudi. Semoga dalam waktu dekat, ada kabar baik terkait keberangkatan jemaah haji tahun 2021” pungkasnya. (Puji)

Bagikan :