Ikuti Webinar Kekerasan Seksual, Ketua DWP Kemenag RL: Harus Bangun Kesadaran

Ikuti Webinar Kekerasan Seksual, Ketua DWP Kemenag RL: Harus Bangun Kesadaran

Rejang Lebong (Humas) --- Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong, Novi Zusrianty Nopian, S.IP, beserta anggota mengikuti kegiatan webinar dan launching Pusat Layanan Terpadu (PLT) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.Rabu, (10/3).

Kegiatan yang diikuti lebih dari 200 DWP ini, dibuka dengan kata sambutan dari Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil. Al Makin dan Ketua DWP Kemenag RI, Hj. Eny Yaqut Cholil. Selanjutnya kegiatan inti menampilkan 4 pembicara yaitu Komisioner Komnas perempuan RI,Dr. Imam Nahe’I, M.H.I., Ketua PLT UIN Sunan Kalijaga, Dr. Witriani, M.Hum., Direktur Rifka Annisa, Budi Wulandari, S.Psi., serta Dr. Margaret Spencer yang mewakili School of Social Work and Education, University of Sidney.

Dalam sambutannya, Eny membeberkan fakta bahwa kasus kekerasan seksual yang terjadi di perguruan tinggi acap kali tak terselesaikan, bahkan cenderung disembunyikan oleh pihak kampus guna menjaga nama baik. Peluncuran PLT ini diharapkan mampu memberikan informasi, menjadi tempat yang aman dan nyaman, menyediakan trauma healing bagi penyintas kekerasan seksual.

Setelah mengikuti webinar, DWP Kemenag RL sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan yang sangat bermanfaat tersebut dan berharap gerakan bernada serupa bisa digaungkan dan diikuti oleh daerah lainnya.

“Kita berharap semoga kegiatan peluncuran PLT ini bisa menginspirasi yang lain untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman, bebasa dari kekerasan seksual,” demikian Novi. (Lyanda)

Bagikan :