Sukseskan Penyelenggaraan Ujian Madrasah,Kamad MTsN 1 Kepahiang ikuti Sosialisasi UM dan AN

Sukseskan Penyelenggaraan Ujian Madrasah,Kamad  MTsN 1 Kepahiang ikuti Sosialisasi UM dan AN

Kepahiang (Humas) -- Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kepahiang mengikuti kegiatan Sosialisasi Ujian Madrasah (UM) dan Asesmen Nasional (AN) tahun 2021 yang di selenggarakan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Bengkuludi Hotel Nala Sea Side. Senin, (1/3/2021).

Kegiatan ini dibuka Kakanwil Drs. H. Zahdi Taher., M.HI yang diikuti para Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) dan sebanyak 88 Kepala madrasah dari tingkat MIN, MTs dan MAN.

Kepala MIN 1 Kepahiang Efrizal Firdaus, M.Pd mengungkapkan, berdasarkan arahan Kepala Kanwil  bahwa sosialisasi ujian ini dilaksanakan sesuai dengan keputusan dirjen pendidikan Islam tahun 2021 tentang POS (prosedur operasional standar), ujian madrasah tahun 2021 dan menindaklanjuti Surat Edaran (SE) dirjend pendis tentang penyelenggaraan kelulusan dan kenaikan kelas di madrasah.

“Menurut saya Kegiatan  Sosialisasi Ujian Madrasah dan Asesmen Nasional  ini adalah sebagai salah satu kebijakan pemerintah dalam mempersiapkan penerapan dasar penilaian akhir siswa yang di gadang-gadang akan menjadi  pengganti Ujian Nasional (UN) pada seluruh sekolah atau madrasah, walau  tidak ada Ujian Nasional kelulusan siswa tetap bersyarat dengan tiga kriteria.Pertama, menyelesaikan program pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester.

Kedua, memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik.Ketiga, mengikuti Ujian Madrasah (UM) yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan madrasah masing-masing,” jelas Efrizal.

Lebih Lanjut Kamad Efrizal menambahkan, bahwa untuk menghadapi Ujian Madrasah dan Asesmen Nasional mendatang diperlukan berbagai macam skema dalam  mempersiapknnya. 

 “Setelah  mengikuti sosialisasi hari ini, saya harus mempersiapkan berbagai macam skema,  baik berupa fasilitas, SDM, dan persiapan lainnya seperti penyusunan soal-soal ujian madrasah, agar mengikuti ketentuan aturan yang berlaku demi menghasilkan lulusan yang  terbaik dan mampu membawa nama baik madrasah,” tambah Efrizal.

 

 

 

Bagikan :