MAN 2 Kota Bengkulu Siap KBM Tatap Muka

MAN 2 Kota Bengkulu Siap KBM Tatap Muka

Kota Bengkulu (Humas)-Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bengkulu  siap menggelar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Tatap Muka perdana di masa Pandemi Covid 19. Hal ini merujuk pada surat edaran pemerintah pusat dan daerah. Tentang keputusan bahwa sekolah sudah diperbolehkan melaksanakan KBM Tatap Muka di masa Pandemi Covid-19 semester genap tahun 2021.

KBM Tatap Muka pada tahun 2021 ini diputuskan melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 menteri terbaru, yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri.

Disampaikan oleh Kepala MAN 2 Kota Bengkulu, Karmila, M.Pd. bahwa berdasarkan Surat Edaran Walikota Bengkulu Nomor   338/07/B/Kesbangpol tanggal 11 Februari 2021 tentang kegiatan belajar mengajar disekolah masa Pandemi Covid 19. Dengan merujuk pada Rekomendasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bengkulu Nomor 360/102/R.PTM/ST-COVID-19 tanggal 25 Februari 2021, MAN 2 Kota Bengkulu telah melaksanakan kesiapan dari tanggal 15 Februari 2021 yang lalu diantaranya :

Pertama, kegiatan belajar mengajar  dilaksanakan secara tatap muka dengan wajib mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Kedua, jumlah siswa di ruangan kelas tidak melebihi 50 persen dari jumlah siswa,  sehingga kegiatan belajar mengajar dilaksanakan dengan 2 model, yakni tatap muka dan secara daring. Ketiga, di  setiap sekolah wajib menyediakan tempat cuci tangan, sabun, hand sanitizer, mengukur suhu tubuh dengan thermogun di depan ruang kelas dan di pintu masuk sekolah,  serta dilakukan penyemprotan disinfektan secara berkala.
Keempat, waktu proses pembelajaran dipersingkat dari jam semestinya,  dengan mata pelajaran yang diajarkan secara tatap muka diatur sepenuhnya oleh pihak sekolah. Kelima, perlu dilakukan pembatasan tamu yang masuk di lingkungan sekolah dan dilakukan pemeriksaan suhu badan, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak  dan menghindari sentuhan fisik. Keenam,  pembelajaran tatap muka wajib mendapatkan persetujuan orang tua/wali secara tertulis. Apabila orang  tua/wali keberatan sekolah tatap muka, maka siswa yang  bersangkutan wajib mendapatkan pembelajaran sepenuhnya  secara online.

“Dengan telah disiapkannya hal tersebut diatas maka MAN 2 Kota Bengkulu menggelar kegiatan belajar mengajar tatap muka sejak tanggal 1 Maret 2021 dan  juga sudah mendapatkan rekomendasi persetujuan dari Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bengkulu”. Terang Kepala MAN 2 Kota Bengkulu Karmila, M.Pd. Digelarnya pembelajaran tatap muka dan  pembelajaran dari  rumah bertujuan untuk memastikan tetap  terpenuhinya hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan  selama  masa darurat Covid-19.(Herwin/Popi)

Bagikan :