Kanwil Kemenag dan Pemprov Pastikan, Bengkulu Siap Laksanakan Ibadah Haji 2021

Kanwil Kemenag dan Pemprov Pastikan, Bengkulu Siap Laksanakan Ibadah Haji 2021

BENGKULU (HUMAS) --- Meskipun sampai hari ini belum ada kepastian terkait penyelenggaraan haji dari otoritas Arab Saudi. Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu bersama Pemda Provinsi menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1442H/2021M. di Kantor Gubernur, Kamis, (4/4).

Kakanwil Drs. H. Zahdi Taher., M.HI didampingi Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Drs. Edie Hartawan., M.Si mengungkapkan, persiapan terus dilakukan mengingat waktu pelaksanaan ibadah haji semakin mendekat.

‘’Pemerintah Indonesia masih belum mendapat informasi soal penyelenggaraan Ibadah. Namun jika dilaksanakan pada tahun ini, Bengkulu sudah siap. Baik persiapan akomodasi, transportasi, konsumsi termasuk petugas haji daerah,’’ kata Zahdi dan Edie Hartawan.

Beberapa persiapan lain yang sudah dimatangkan segera, dikatakan Zahdi adalah pihaknya bersama Pemprov akan mempersiapkan dokumen perpanjangan kerjasama (MoU) antara Pemprov Bengkulu dengan Pemprov Sumatera Barat serta berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura terkait teknis pemberangkatan calon Jemaah.  

‘’Ini penting. Karena terkait pelayanan kesehatan Jemaah. Begitujuga dengan pihak AP II, ini terkait persiapan teknis pemberangkatan Jemaah di bandara,’’ beber mantan Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kanwil itu.  

Selain itu kata Zahdi, pihaknya juga bersama Pemprov akan segera mempersiapkan dokumen dan surat permohonan kepada Kemenag RI terkait pengusulan kembali Bandara Fatmawati Soekarno Putri menjadi embarkasi haji antara Bengkulu. ‘’Nanti teknisnya, kita koordinasikan lagi dengan Bapak Gubernur,’’ ujar Edie dan Zahdi.

Namun demikian diakui Zahdi lagi, hingga saat ini pihaknya masih belum mendapat informasi soal penyelenggaraan Ibadah. Karenanya Kemenag telah menyiapkan tiga opsi terkait keberangkatan jemaah haji tahun 2021 (1442 Hijriah). Pertama, kuota penuh. Kedua, kuota terbatas. Ketiga, tidak memberangkatkan jemaah haji.

‘’Opsi ini kita siapkan mengingat pandemi Covid-19 belum juga mereda. Karenanya mari kita berdoa, semoga wabah ini segera berakhir. Sehingga ibadah haji bisa kita laksanakan pada tahun ini,’’ demikian Zahdi.

Selain Kakanwil, hadir dalam kesempatan itu Kabid PHU Kanwil Dr. H. Intihan.,S.Ag.,M.H, Kabag Fasilitasi Administratif Urusan Kesra Biro Pemerintahan dan Kesra, kabag Otonomi dan Kerjasama Daerah. Ikut juga mendampingi pejabat eselon IV Kanwil dan Biro Kesra serta staf JPU Bidang PHU Kanwil Kemenag Bengkulu.(Tatang)

Bagikan :