Mading MTs N 1 Seluma Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan Minat Baca dan Literasi

Mading MTs N 1 Seluma Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan Minat Baca dan Literasi

Seluma (Humas) - Salah satu sarana untuk meningkatkan minat baca/literasi siswa di MTsN 1 Seluma adalah papan Mading.  Selain sebagai media informasi, madding jugamerupakan tempat para siswa menyalurkan karya dari kreativitas mereka. Dengan adanya mading di sekolah tentuakan memberikan banyak wawasan kepada para siswa baik berupa berita teraktual, tips-tips yang bermanfaat serta takkalah penting adalah media gambar dan karya yang sangat menarik.

Salah satu papan Mading yang sudah aktif diisi sejak awal bulan ini adalah Mading Musholla Babul ‘Ilmi MTsN 1 Seluma. Mading ini secara khusus dikelola oleh penanggungjawab bidang keagamaan.

Koordinator Bidang Keagamaan Patriansah, S.Pd.I., menginginkan agar Mading madrasah dapat terbit   secara teratur dan berkelanjutan, maka ia telah membuat jadwal yang bertugas mengisi madding tiap bulannnya beserta tema yang diangkat untuk selanjutnya disosialisasikan kepada seluruh kelas.

Lebih lanjut Patriansah mengatakan keberadaan Mading sangatlah penting dimadrasah, sebagai media informasi tentang masalah-masalah yang ada dimadrasah, juga sebagai media penyalur kreatifitas siswa melaluik arya-karya sastra.

''Alhamdulillah salah satu mading yang berada di musholla Babul ‘Ilmi sudah mulai kita aktifkan. Petugas perdana yang mengisi madding tersebut adalah kelas 8A dan 8B, temanya seputar isra’ mi’raj, sholat dan masalah kesehatan. Kedepannya kita ingin Mading madrasah yang diterbitkan bukan hanya untuk menampilkan pengetahuan dan berita umum saja, tetapi juga hasil karya dan tulisan serta kreatifitas siswa ditampilkan di Mading, baik siswa yang terlibat dalam keredaksian maupun diluar itu,'' jelas Patri.

Patriansah berharap kepada masing-masing kelas yang bertugas mengisi mading agar dapat mengelola Mading Musholla dengan baik dan dapat membuat karya-karya yang menarik pada Mading madrasah. “Insya Allah kedepan kita akan mengadakan penilaian pada setiap kelas yang bertugas mengisi madding. Akan kita pilih juaranya'' terangnya.

Pada saat melaksanakan penempelan Mading terlihat antusias kelas 8A dan 8B yang mendapat tugas perdana, mulai dari mencari bahan, menyusun, menempel, membersihkan papan Mading dan mempercantik Mading sehingga terlihat semakin menarik.

Fanny Zahrah, salah satu perwakilan dari kelas 8 B mengaku sangat senang mendapatkan tugas mengisi/mengelola Mading madrasah. ''Saya akan berusaha menjalankan tugas dengan baik dan berusaha membuat Mading madrasah semakin hidup dan lebih maju,'' ujar Fanny. (HW)

Bagikan :