Kukuhkan Pengurus, Kakanwil Kemenag : Guru PAI TK Harus Menjadi ‘’The Agence Of Learning’’

Kukuhkan Pengurus, Kakanwil Kemenag : Guru PAI TK Harus Menjadi ‘’The Agence Of Learning’’

Bengkulu (Humas) --- Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. H. Zahdi Taher., M.HI mengarapkan kepada pengurus Forum Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam Taman Kanak-Kanak (FKGPAI-TK) Provinsi Bengkulu untuk menjadi agen pembelajaran (The Agence Of Learning) di sekolah. Meliputi kompetensi pedagagogik, kompetensi kepribadian, profesionalisme dan kompetensi social.

‘’Kalau mengajar, hanya sekedar mentransfer ilmu ke anak-anak. Tetapi kalau mendidik, ini yang berat. Karenanya, Keempat kompetensi ini wajib Bapak/Ibu guru miliki, terutama dalam mengembangkan karakter kepribadian anak-anak,’’ kata Zahdi ketika mengukuhkan FKGPAI-TK Provinsi Bengkulu di Aula. Selasa, (23/2).

‘’Begitujuga dengan kompetensi sosial, tenaga pendidik untuk selalu menanamkan nilai-nilai pengabdian lingkungan kepada sosial masyarakat. Ini juga harus ditanamkan diri pribadi tenaga pendidik,’’ sambung Kakanwil.  

Kemudian Zahdi mengungkapkan, menjadi seorang tenaga pendidik di sekolah maupun di TK juga dituntut untuk selalu update terhadap pendidikan melalui Informasi Teknologi (IT) dan aturan-aturan terbaru tentang pendidikan serta pelaksanaan peningkatan kapasitas guru di sekolah.

‘’Guru adalah profesi yang mulia. Tetapi juga diimbangi dengan menguasai IT, apalagi guru adalah sebagai ujung tombak dalam meningkatkan mutu pendidikan sekolah maupun di Madrasah,’’ pesan Zahdi mengakhiri.

Sementara itu, pengukuhan pengurus FKGPAI-TK sendiri ditandai dengan pengucapan naskah yang dipimpin langsung oleh Kakanwil. Acara juga dikemas dengan penyerahan cindera mata, serta dikemas dengan atraksi dol oleh pengurus FKGPAI-TK Provinsi.

Hadir dalam kesempatan itu, Kadis Pendidikan Provinsi Bengkulu, pejabat eselon III dan pejabat eselon IV di Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) dilingkungan Kanwil serta pengurus FKGPAI-TK kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu.(Tatang) 

Bagikan :