UN Di Tiadakan, Kemenag Lebong Gelar Sosialisasi

UN Di Tiadakan, Kemenag Lebong Gelar Sosialisasi

Lebong (Humas) ----  Kantor kementerian Agama Kabupaten Lebong menggelar Sosialisasi Ujian Madarsah bersama para pengawas dan Kepala Madarsah se-Kabupaten Lebong di Aula Sakinah Kantor Kemenag. Senin, (22/2).

Sosialisasi menindaklanjuti Surat Edaran (SE) DIrjen Pendis tentang penyelenggaraan kelulusan dan kenaikan kelas serta Pos Ujian Madrasah TP 2020/2021. Sosialisasi dibuka oleh Kepala Kantor Kementerain Agama Kabupaten Lebong H. Heriansyah S. Ag MH yang dalam hal ini diwakili pendidikan Islam Fahmi Rozi  S. Ag.

“dalam SE tersebut menjelaskan bahwa UN jenjang MTs dan MA Tahun Pelajaran 2020/2021 ditiadakan dan UAMBN jenjang MTs dan MA Tahun Pelajaran 2020/2021 juga ditiadakan, Peserta didik dinyatakan lulus dari madrasah setelah Menyelesaikan program pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester, Memperoleh nilai sikap/perilaku minimal Baik, Mengikuti Ujian Madrasah (UM) yang diselenggarakan oleh satuan Pendidikan,” Ujar fahmi Rozi

Ia menjelaskan bahwa Bentuk dan teknis pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) diatur melalui SK Dirjen Pendidikan Islam tentang POS Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021. Dan Tanggal penetapan kelulusan ditentukan oleh madrasah dengan memperhatikan POS Ujian Madrasah.

Sementara itu Pengawas madrasah tingkah MA Kabupaten Lebong Azi Agus Salim mengatakan bahwa Jadwal pelaksanaan UM ditentukan oleh masing-masing satuan pendidikan, dengan memperhatikan Ketuntasan kurikulum,  Kalender pendidikan, Hari libur nasional/keagamaan, Jadwal pengumuman kelulusan.

‘’UM  dilaksanakn dengan rentang waktu antar  tgl 15 Maret s.d. 10 April 2021 dengan ketentuan madrasah dapat menyelenggarakan UM secara daring atau tatap muka, sesuai dengan kondisi daerah masing-masing,” Ujar Aji Agus Salim

“Madrasah sesuai kemampuan infrastruktur yang dimiliki dapat menyelenggarakan ujian dengan moda Ujian Berbasis Komputer (UBK), Ujian Berbasis Kertas Pencil (UKP) dan/atau bentuk lain yang ditetapkan oleh madrasah,” tambah Aji Agus Salim

Melihat dari pelaksanaan UM ia memperkirakan Pengumuman kelulusan peserta didik MA pada tanggal 21 Mei 2021 sedangakan Pengumuman kelulusan MTs diperkirakan tanggal 4 juni 2021 dan Pengumuman kelulusan MI diperkirakan tanggal 11 Juni 2021.

Penulis Bibin

 

 

 

 

 

Bagikan :