SISWA MAN 2 BENGKULU UTARA KREASIKAN MASAKAN TRADISIONAL

SISWA MAN 2 BENGKULU UTARA KREASIKAN MASAKAN TRADISIONAL

Bengkulu Utara (Humas) - Dalam rangka pengambilan nilai Ujian Praktek, MAN 2 Bengkulu Utara menggelar praktek memasak dengan topik upaya mengkreasikan masakan tradisional bertempat di ruang kelas XII, Senin, 22 Februari 2021.

Kepala MAN 2 Bengkulu Utara, Nurhasiah, S.Sos, M.Pd menuturkan bahwa agenda praktek memasak ini memang kegiatan tahunan yang selalu digelar oleh pihak MAN 2 Bengkulu Utara pada saat ujian praktek kelas XII.

“Praktek memasak ini juga bertujuan untuk melatih para siswa kelas XII agar terbiasa hidup mandiri, terlebih lagi bagi siswa yang nantinya akan melanjutkan kuliah dan menjadi anak kost tentunya sudah mempunyai pengalaman memasak sendiri,” ucap Nurhasiah.

Dikatakan Nurhasiah, dirinya berharap kegiatan memasak tidak hanya dilakukan pada saat ujian praktek saja, melainkan juga dilakukan di rumah masing-masing karena kepandaian memasak adalah sebuah keterampilan yang sangat berharga, terlebih lagi bagi perempuan. Tidak hanya wanita sekarang juga banyak laki-laki yang pintar memasak seperti chef-chef terkenal banyak yang berasal dari kaum adam.

Praktek memasak tradisional untuk ujian akhir mapel PKW dibimbing oleh guru mapel Arman, M.Pd yang dibagi dalam 5 kelompok, 2 IPA, 3 IPS. Setiap kelompok diberi tugas untuk memasak menu masakan yang berbeda dengan kelompok lainnya. Masakan dari masing-masing kelompok dinilai dewan juri yang bersal dari guru-guru MAN Bengkulu utara.

"Adapun menu masakan yang kami usung adalah tema angkringan dengan menyajikan beberapa masakan khas Bengkulu, seperti Gulai Kemba'ang, Lempuk Durian, Tempoyak Ikan Patin dan Rebung Asam Undak Liling," beber Laila. (Gangga Darminto)

Bagikan :