Gelar Pertemuan Perdana, Ka. Kan Kemenag BU Pamitan Sekaligus Lakukan Persiapan Audit Kinerja Program BOS

Gelar Pertemuan Perdana, Ka. Kan Kemenag BU Pamitan Sekaligus Lakukan Persiapan Audit Kinerja Program BOS

Bengkulu Utara (HUMAS) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka. Kan Kemenag) Kabupaten Bengkulu Utara (BU), Drs. H. Ajamalus, M.HI, gelar pertemuan perdana bersama segenap Kepala Madrasah (Ka.Mad) semua tingkatan, baik negeri maupun swasta, dan Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) dalam ruang lingkup wilayah kerjanya, sekaligus bahas persiapan penyambutan Inspektur Jenderal Wilayah-IV, Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), Suhersi, dan Tim Audit Kinerja Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun Anggaran 2020, dilingkungan Kantor Kemenag BU dan Kaur, bertempat di Aula Sakinah Kantor setempat, Rabu, 17 Februari 2021.

Dalam pertemuan itu, Ka. Kan Kemenag BU, Drs. H. Ajamalus, M.HI, didampingi oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Ka.Sub.Bag TU), Samsir Alamsa, S.Ag., MH, Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad), Chairil Anwar, S.Pd, serta Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren), Harta, M.Pd.

Dalam momen itu, sebagai penghantar Kata Sambutan dan Arahannya, Ka. Kan Kemenag BU, Drs. H. Ajamalus, M.HI, terlebih dahulu memperkenalkan dirinya selaku Ka. Kan Kemenag BU, yang baru, sekaligus mengungkapkan pengalaman perjalanan kariernya selama bertugas di lingkungan Kemenag, serta menyampaikan ucapan Assalamu’alaikum kepada semuanya.

“Dipertemuan perdana ini, saya menyampaikan ucapan ‘Assalamu’alaikum’ kepada semuanya, saya mau pamit untuk masuk kekeluarga besar Madrasah dan Pondok Pesantren. Artinya, mulai saat ini, saya sudah bergabung dengan bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian. Seandainya nanti, saya melakukan silaturrahim, tolong terima saya,” tuturnya.

“Intinya, sesuai amanah yang diberikan Allah Swt melalui Menteri Agama (Menag) RI, dan Ka. Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, kita kembali bergabung, tabayyun di biduk atau kapal di Kemenag BU ini. Karenanya, saya mohon dukungan dan doanya, serta mari kita bersama-sama menjalin kerjasama diantara kita, sehingga tugas-tugas kita nanti bisa terlaksana sebaik-baiknya. Itu harapan saya,” tuturnya lagi.

Disamping itu, Ka. Kan Kemenag BU, Drs. H. Ajamalus, M.HI, juga menyampaikan ucapan maaf jika nanti dalam melaksanakan tugasnya, jauh dari harapan, sebagaimana Kemenag sebelumnya.

“Karenanya, dengan segala kelebihan dan kekurangan yang saya miliki, saya mohon diterima apa adanya. Yang penting adalah niat baik semuanya untuk bekerjasama, serta memajukan Kemenag ini secara baik,” ujarnya.

Harapannya, karena Kemenag BU tersebut dinilainya telah bagus, dan telah memiliki program-program yang tersusun baik, maka Ka. Kan Kemenag BU, Drs. H. Ajamalus, M.HI, minta untuk dijaga tentang keberhasilannya, termasuk juga program-program yang belum terlaksana, agar kiranya dapat dicatat, sebab suatu saat dirinya akan menanyakan hal tersebut.

“Saya berkomitmen untuk melanjutkannya, selagi saya bisa. Saya punya prinsip, lain Menteri lain kebijakan. Jadi, kebijakannya tetap sama, yaitu menjaga Kemenag guna meningkatkan kualitas dan kapasitas Madrasah dan pondok pesantren. Cuma metodenya saja yang berbeda,” tegasnya.

Disisi lain, terkait dengan Audit yang akan dilakukan oleh pihak Auditor Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenag RI, Ka. Kan Kemenag BU, Drs. H. Ajamalus, M.HI, berharap agar kiranya pihak-pihak terkait, dapat kooperatif.

“Sesuai tugas mereka, untuk memeriksa dokumen-dokumen yang berkaitan dengan Dana BOS Madrasah dan Pondok Pesantren, maka persiapkanlah dokumen-dokumennya. Kalau semuanya lengkap, tidak perlu ditakuti dan menjadi momok menakutkan, justru jadikanlah sebagai pembelajaran agar lebih baik lagi. Kalau kerja kita ini tidak diperiksa oleh ahlinya, maka kita akan merasa semuanya bagus. Padahal bisa jadi banyak terdapat kekurangannya. Yang penting, kita harus punya komitmen yang kuat untuk memperbaikinya,” pungkasnya. {Erfin Bastary}

Bagikan :