Kontributor MIN 1 RL Siap Tingkatkan Kualitas Berita

Kontributor MIN 1 RL Siap Tingkatkan Kualitas Berita

Rejang Lebong (Humas) --- Humas memiliki peran yang penting dalam menyampaikan informasi mengenai aktifitas, mensosialisasikan program kerja serta inovasi terbaru kepada masyarakat. Karenannya, berita yang terbitkan harus memiliki kualitas yang baik, ditulis secara menarik sehingga menunculkan minat masyarakat dalam membaca berita yang disampaikan.

Hal ini disampaikan Tatang Wahyono, S.I.Kom JPU Humas Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu ketika menjadi nara sumber pada acara monitoring dan evaluasi tata kelola kehumasan di lingkungan Kemenag Kabupaten Rejang Lebong (RL). Rabu, (3/2).

‘’Berita harus lengkap unsur 5W1H yang meliputi What (apa), When (kapan), Who (siapa), Where (dimana), Why (mengapa), dan How (bagaimana),’’ beber Tatang.

“Dalam penulisan sebuah berita didalamnya harus memuat 5W1H, ini sebagai modal dasar informasi yang akan kita sampaikan dalam sebuah berita dan jangan sampai berita tersebut tidak memenuhi prinsip ini, karena akan menimbulkan informasi jika hal yang disampaikan tidak lengkap,” sambung Tatang.

Dirinya menambahkan informasi dalam sebuah berita harus berupa fakta atau benar terjadi, berimbang, lengkap dan hangat atau terbaru.

“Berita yang ditulis merupakan fakta yaitu peristiwa nyata yang benar terjadi, berimbang  yakni tidak memihak atau memberatkan sepihak, disampaikan secara lengkap dengan terlebih dahulu menggali informasi dari narasumber, hangat yakni isi berita merupakan informasi terbaru,” tambah Tatang.

Sementara itu, kegiatan sendiri juga diikuti kontributor berita Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Rejang Lebong (RL) Randi Sefto Fanedi, S.Pd dan Windi Setia Ningsih, S.Pd.

Dalam kesempatan tersebut, Randi menyatakan siap meningkatkan kualitas berita dengan menerapkan ilmu yang telah didapat dari pelatihan ini. ‘’Kami mengucapkan terimakasih atas bimbingan dan arahannya, semoga ilmu yang kami dapatkan dapat meningkatkan kualitas berita di MIN 1 Rejang Lebong,’’ demikian Randi. (Randi)

 

Bagikan :