Latih Keseimbangan, Siswa MTsN 2 Mukomuko Senam Tiger Sprong

Latih Keseimbangan, Siswa MTsN 2 Mukomuko Senam Tiger Sprong

Mukomuko (Humas) - Siswa MTsN 2 Mukomuko tampak antusias ketika Gilang Eko Saputra selaku Guru Olahraga memberikan arahan tentang pelajaran Senam Lompat Harimau (Tiger Sprong). Usai memberikan ulasan materi di kelas, Gilang mengajak siswanya berkumpul di halaman Madrasah.

"Jadi hari ini anak-anak praktik Senam Lompat Harimau. Manfaatnya antara lain untuk melatih keseimbangan dan kelenturan tubuh anak," jelas Gilang, Kamis (28/01).

Ia menambahkan, bahwa olahraga semacam ini setidaknya siswa harus menggabungkan tiga keterampilan sekaligus yakni kecepatan, kelenturan, dan kesesuaian gerak fisik.

Jarak pengambilan awalan pada Lompat Harimau beragam, bergantung ketinggian penanda yang ada. Kepada para siswa Gilang menjelaskan tata cara pelaksanaan Lompat Harimau yang baik dan benar.

Diantaranya yaitu sikap awal berdiri tegak, luruskan kedua lengan di samping badan, lakukan lompatan ke depan dengan menggunakan papan tolakan, ayun lengan ke atas, lentingkan badan dan lipat lutut di depan dada saat tubuh melayang ke udara, sampai langkah yang terakhir yaitu sikap jongkok lalu berdiri.

Agar tidak mengalami kejadian yang tak diinginkan, sebisa mungkin siswa harus berusaha menghindari beberapa kesalahan umum saat melakukan Lompat Harimau. Diantaranya yaitu menggunakan kepala sebagai tumpuan, sikap badan kurang sempurna ketika melakukan rol ke depan dan lain sebagainya.

Bagikan :