Terpilih Madrasah Riset, MAN Seluma Utus 10 Guru

Terpilih Madrasah Riset, MAN Seluma Utus 10 Guru

Seluma (Humas) --- MAN Seluma terpilih menjadi salah satu Madrasah Riset di Kabupaten Seluma. Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI Nomor 6757 Tahun 2020 tentang Penetepan Madrasah Penyelenggara Riset Tahun 2020.

Kepala MAN Seluma Eli Purnama, S.Pd, M.A., mengaku bangga dan bahagia atas capaian prestasi ini. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa.

‘’ Alhamdulillah dan terimakasih, semoga dengan tekad yang kuat, MAN Seluma mampu membangun sikap ilmiah peserta didik sehingga dapat melahirkan peneliti-peneliti muda yang berkualitas,”Ungkapnya.

Eli menjelaskan, pihaknya telah mengutus 10 dewan guru untuk mengikuti sosialisasi yang digelar Kanwil Provinsi Bengkulu di MTsN 01 Seluma minggu yang lalu. Dengan pelatihan ini, diharapkan dapat mengembangkan madrasah riset salah satunya yaitu dengan membentuk system yang diketahui oleh Waka Bidang Kurikulum dengan beberapa guru pembimbing.

‘Baik di bidang sains, sosial humaniora maupun agama, yang nantinya dapat dimasukkan dalam pelajaran Mulok ataupun ekstrakurikuler,’’ ujarnya.

Sementara itu dikesempatan yang sama, Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. H. Zahdi Taher., M.HI melalui Kabid Penmad Dr. H. Junni Muslimin, MA mengatakan agar capaian prestasi ini dapat disyukuri, karena Kabupaten Seluma hanya tiga madrasah terpilih, yakni MTsN  01 Seluma, MtsN 02 Seluma dan MAN Seluma yang terpilih.

“Madrasah riset ini bertujuan agar siswa dapat membiasakan dan membudayakan reaserch di madrasah sedari dini, serta bias mengembangkan sikap ilmiah peserta didik sehingga mampu bersikap dan bertindak berdasarkan proses ilmiah yang tercermin dalam sifat-sifat berpikir kritis, sistematis, rasional, realistis, objektif, jujur, berani, terbuka, toleran, kreatif, daninovatif. Hal ini sebagai salah satu upaya menuju madrasah yang unggul, hebat dan bermartabat di mata dunia,’’ demikian Junni. (***/red)

 

Bagikan :