Kemenag Kepahiang Kalibrasi Arah Kiblat Masjid Fathul Khair Kec. Merigi

Kemenag Kepahiang Kalibrasi Arah Kiblat Masjid Fathul Khair Kec. Merigi

Kepahiang (Humas) --- Kepala Seksi Bimas Islam Kementerian Agama Kab. Kepahiang Ali Akbar, S.HI,MH bersama staf melakukan pengukuran kalibrasi arah kiblat Masjid Fathul Khair, di Desa Bukit Barisan Kec. Merigi, belum lama ini.

Pengukuran ini dilakukan atas permintaan Supeno,SH Sebagai Ketua BKM untuk memastikan arah kiblat Masjid yang akan di Renovasi. Turut hadir Kepala Desa, Perangkat Masjid, Konsultan bangunan dan Tokoh masyarakat.

Menurut Ali Akbar, salah satu tugas dan fungsi Seksi Bimas Islam adalah memberikan pelayanan pengukuran arah kiblat yang baru maupun kalibrasi, maka masyarakat dipersilahkan untuk mengajukan permohonan layanan.

“Salah satu fungsi di seksi Bimas Islam itu adalah pengukuran arah kiblat Masjid”, katanya.

Untuk mendapatkan layanan pengukuran arah kiblat, Ali menyampaikan “bahwa pihak pengurus masjid / mushola diminta mengajukan surat permohonan kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang,  dan setelah surat kami terima akan kami tindak lanjuti dengan menurunkan tim pengukuran arah kiblat dari Bimas Islam.” imbuhnya.

Keinginan Supeno ini sendiri berawal saat dirinya berkonsultasi dengan tokoh Agama dan Kepala Desa beberapa waktu lalu. Dikarenakan dalam waktu dekat masjid akan di renovasi maka perlu dilakukan pengukuran ulang arah kiblat.

‘’Maka dari itu Kami dari Ketua BKM menghubungi Kantor Kemenag Kab. Kepahiang dan mengajukan Surat Permohonan guna untuk melakukan pengukuran kalibrasi titik koordinat arah kiblat pada lokasi yang akan di renovasi oleh pihak Konsultan,’’ jelasnya.

Sementara itu Kepala Desa Bukit Barisan Kadeno mengucapkan terimakasih kepada Tim ukur arah kiblat Kantor Kemenag Kepahiang, sudah mau memenuhi permohonan warga. “Mudah mudahan dengan diukurnya arah kiblat masjid ini mempermudah kami membangun bangunan Masjid yang pas arahnya menuju Ka’bah’’ jelasnya mengakhiri. (***)

 

Bagikan :