Ka. Kemenag Bengkulu Selatan: Kita Harus Bangun Semangat Baru

Ka. Kemenag Bengkulu Selatan: Kita Harus Bangun Semangat Baru

Bengkulu Selatan (Humas) - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) menggelar puncak peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Tahun 2021, secara sederhana dihalaman Kantor Kemenag BS, pada pagi hari Selasa, (05/01).

Upacara tersebut selain dihadiri keluarga besar Kementerian Agama yang terdiri dari para pejabat eselon IV, Kepala KUA, Kepala Madrasah, dan Pegawai Kantor Kemenag BS, upacara ini juga dihadiri Ketua Majlis Ulama Indonesia (MUI) BS, Ketua FKUB, IPHI, perwakilan Umat Kristiani, para Purna Bakti Kemenag BS, dan perwakilan DPD AGPAI Bengkulu Selatan. Dalam Upacara ini Ka. Kemenag BS H. Arsan S. Ibrahim, M.HI sebagai Inspektur upacara.

Dalam upacara tersebut Ka. Kemenag BS membacakan Amanat Menteri Agama (Menag) RI bahwa Peringatan HAB tahun ini mengusung tema "Indonesia Rukun". Tema ini sejalan dengan semangat Nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.

H Arsan juga menyampaikan bahwa dalam amanat itu, Menag RI juga mengingatkan “tentang semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama’. Semangat Kementerian Agama baru itu dapat diterjemahkan dengan beberapa kata kunci, Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan. Kedua, penguatan moderasi beragama. Salah satu penekanan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan. Ketiga, persaudaraan, yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan” Amanat Menag RI disampaikan Ka. Kemenag BS.

“Kemenag Bengkulu Selatan Menyingkapi amanat yang telah diberikan Menag RI, akan membangun  semangat baru dalam membentuk manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang lebih baik lagi dilingkup Kemenag Bengkulu Selatan, akan selalu memperkuat sinergi antar umat beragama demi untuk membangun masyarakat damai Indonesia rukun, sesuai dengan tema HAB ke 75 ini, ” ungkap H. Arsan.

Usai upacara dilaksanakan ada pula prosesi penyematan tanda kehormatan satyalencana karyasatya secara simbolis, pembagian cindra mata untuk para purna bakti Kemenag BS, pemberian sertifikat tanah untuk MA talang tinggi, pembagian hadiah lomba MTQ Lanjut Usia tingkat Kecamatan Pino Raya. Serta Pemotongan tumpeng dilakukan setelah prosesi Do’a bersama selesai yang dipimpin langsung oleh K.H Abdullah Munir yang dilaksanakan secara khusus di Aula Gedung PLHUT Kemenag BS. (Faisal)

Bagikan :