Sambut Natal dan Tahun Baru 2021, Kakanwil Kemenag Serukan Jaga Kedamaian dan Kerukunan

Sambut Natal dan Tahun Baru 2021, Kakanwil Kemenag Serukan Jaga Kedamaian dan Kerukunan

Bengkulu (Humas) --- Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. H. Zahdi Taher., M.HI menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sectoral dan operasi Lilin Nala 2020 dalam rangka menyambut Hari Natal 2020 dan tahun baru 2021 di Mapolda Bengkulu. Senin, (21/12). Dalam kesempatan itu, Kakanwil menyerukan agar seluruh umat di Bumi Raflesia ini untuk menjaga kedamaian dan kerukunan.

‘’Menyambut Hari Natal ini, mari kiranya kita selalu berdamai dan selalu semangat untuk mewujudkan Bengkulu yang sejuk, meriah aman, dengan penuh kenangan,’’ kata Zahdi.

Lebih lanjut Kakanwil menyatakan, seperti diungkapkan oleh Menag RI bahwa Indonesia adalah bangsa yang terdiri atas macam-macam suku, budaya serta keyakinan ini telah lama berjuang untuk merebut kemerdekaan dan merajut kehidupan bersama. Sepanjang sejarah Indonesia para penjajah menggunakan politik pecah belah atau divide et impera guna menancapkan kekuasaan di Tanah Air.

"Karenanya kita patut bersyukur seluruh perbedaan yang ada tidak menghalangi para Bapak Bangsa kita untuk memerdekakan negeri ini dan membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang disatukan oleh prinsip Bhinneka Tunggal Ika, yang artinya berbeda-beda namun tetap satu,’’ ujar Zahdi.

Selain itu dikatakan Kakanwil, agama adalah sumber dari semua kebaikan, dan bukan sebaliknya sebagai sumber kekerasan. Apabila terjadi konflik dan kekerasan yang mengatasnamakan agama, hal tersebut terjadi karena kurangnya pemahaman terhadap ajaran agama itu sendiri.

"Kedamaian memberikan kita banyak kesempatan untuk melakukan perbaikan dan amal kebajikan. Karenanya sekali lagi saya menyerukan mari kita hindari konflik dan kekerasan, dan tanamkanlah jiwa kedamaian,’’ demikian Zahdi.

Sementara itu rakor lintas sectoral berlangsung penuh khidmat. Acara juga dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Bengkulu, hadir juga Kepala SKPD Provinsi Bengkulu, Kepala BMKG, serta Ketua FKUB Provinsi Bengkulu. (Tatang)

 

Bagikan :