Disaksikan Sekjend Kemenag, IAIN Curup dan Kanwil Jalin Kerjasama

Disaksikan Sekjend Kemenag, IAIN Curup dan Kanwil Jalin Kerjasama

CURUP (HUMAS) --- IAIN Curup dan Kanwil Kemenag Bengkulu sepakat menjalin kerjasama dalam pengembangan bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat terutama dalam peningkatan kerukunan umat beragama, serta mahasiswa duta zakat dan duta wakaf dan kerjasama mengenai pemanfaatan sumber daya alumni dan administrasi.

Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding atau MoU) antara Rektor IAIN DR. Rahmad Hidayat, M.Ag, M.Pd dan Kakanwil Kemenag Bengkulu Drs. H. Zahdi Taher.,M.HI bersamaan dengan kegiatan pembinaan kepegawaian oleh Sekretaris Jenderal Kemenag RI Prof.Dr.H.M. Nizar Ali.,M.Ag di Kampus IAIN Curup. Sabtu, (19/12).

Kesepakatan tersebut selain disaksikan Sekjend, juga dihadiri Gubernur Bengkulu H. Rohidin Mersyah, Bupati Kepahiang Hidayatulah Sahid, Wakil Bupati RL M. Iqbal Bastari, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Rejang Lebong, dan dihadiri civitas akademika IAIN Curup.

Kakanwil Kemenag dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, kerjasama ini merupakan bukti kongkrit dan nyata bahwa pihaknya siap untuk menjadikan masyarakat Bengkulu yang moderat, rukun melalui kegiatan pengembangan bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

‘’Terutama dalam peningkatan kerukunan umat beragama, serta mahasiswa duta zakat dan duta wakaf dan kerjasama mengenai pemanfaatan sumber daya alumni dan administrasi,’’ kata Zahdi.

Karena ini adalah bagian dari tanggungjawab bersama, artinya dikatakan Zahdi pihaknya juga mengundang lembaga lain yang juga siap bersinergi dengan Kemenag dengan IAIN untuk menjalankan pengabdian masyarakat itu.

‘’Kesemuanya ini tentu dalam rangka mewujudkan masyarakat yang saleh, moderat, cerdas, unggul,’’ pungkas Zahdi.

Dikesempatan yang sama Rektor IAIN Curup DR. Rahmad Hidayat, M.Ag, M.Pd juga mengharapkan dengan kerjasama ini, kedua lembaga dapat saling membutuhkan untuk menjalankan masing-masing program kerja, terutama dalam meningkatkan kerukunan umat beragama.

‘’Mudah-mudahan dengan kerjasama ini, kita dapat mengembangkan program skala prioritaskan kita yakni menjadikan masyarakat yang rukun melalui pengembangan kegiatan keagamaan maupun kegiatan pengabdian masyarakat lainnya,’’ demikian demikian Rektor mengakhiri.(Tatang)

 

Bagikan :