Meminimalisir Pertemuan di Masa Pandemi, Guru MAN 2 Mukomuko Isi Rapor Secara Online

Meminimalisir Pertemuan di Masa Pandemi, Guru MAN 2 Mukomuko Isi Rapor Secara Online

Mukomuko (Humas) - Setelah masa Penilaian Akhir Semester (PAS) semester ganjil 2020/2021 yang dilaksanakan dengan ujian berbasis android selesai, tenaga pendidik MAN 2 Mukomuko mulai mengeksekusi aplikasi rapor online. Semester ini, MAN 2 Mukomuko memilih menggunakan rapor online untuk pemberian laporan hasil evaluasi belajar peserta didik. Selain karena faktor pandemi yang meminimalisir "perkumpulan", pemanfaatan teknologi merupakan alasan MAN 2 Mukomuko memilih aplikasi rapor online. Menurut waka kurikulum MAN 2 Mukomuko, Yosi Fitri, S.Pd ini merupakan langkah strategik dari jajaran management madrasah. "Kita berupaya meningkatkan skill pendidk dan tenaga kependidikan, salah satunya melalui penerapan aplikasi-aplikasi online dalam pendataan, penilaian hingga evaluasi hasil penilaian." ujar Yosi.

Melalui aplikasi online ini, guru tidak perlu lagi dikumpulkan di laboratorium komputer untuk pengisian rapor digital yangselama ini dikenal dengan ARD atau Aplikasi Rapor Digital produk kementerian agama pusat. "Semester sebelumnya, pengisian ARD kita lakukan dengan mengumpulkan guru di Lab Komputer dengan dipandu proktor dan teknisis madrasah. Semester ini kita melakukan semua itu dari rumah masing-masing tenaga pendidik. Proktor dan teknisi melakukan bimbingan dan pemantauan juga secara online." Lanjut Yosi.

Sementara menurut salah satu tenaga pendidik MAN 2 Mukomuko, Muhyan Zailani, S.Pd pengisian rapor secara online ini sangat memudahkan tenaga pendidik dalam menuntaskan kewajibannya.

"Kita bisa menginput data nilai harian dan lain lainnya di rumah, sangat fleksibel dan tidak terikat hanya di jam kerja di satu tempat saja" ujar Muhyan.
 
Pengisian data nilai ke aplikasi dilakukan oleh tenaga pendidik mulai tanggal 14-18 Desember 2020 dan dicetak oleh wali kelas pada tanggal 18 desember 2020 setelah semua nilai diinpit dan terangkum menjadi nilai akhir. Pembagian rapor direncanakan tanggal 19 Desember 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan dan tetap menggunakan sistem shift. "Semoga kita tetap menggunakan aplikasi rapor online ini untuk semester-semester berikutnya walau masa pandemi covid-19 telah berakhir, karena ini adalah salah satu indikasi bahwa tenaga pendidik madrasah adalah tenaga handal dan profesional" Tutup Yosi (Arif)

Bagikan :