Karyawan-Karyawati Non PNS Kemenag BU Ikuti Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan

Karyawan-Karyawati Non PNS Kemenag BU Ikuti Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan

Kemenag BU - (HUMAS) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Bengkulu Utara (BU), melaksanakan Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan, sekaligus silaturrahmi kepada segenap karyawan-karyawati Non Pegawai Negeri Sipil (PNS), Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara (Kemenag BU), bertempat di Aula Sakinah Kantor Kemenag setempat, Jum’at (4/12/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut, selain karyawan-karyawati Non PNS Kantor Kemenag Kabupaten BU, hadir Kakan Kemenag BU, H. Heriansyah, S.Ag.,MH, yang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (Kasi PAIS), Sarmidan, M.Pd.I, serta dari pihak BPJS BU,  M. Firman, dan Taufik selaku Nara Sumber.

Pada kesempatan itu, M. Firman mengemukakan bahwa BPJS memiliki banyak manfaat bagi para karyawan, diantaranya yaitu jaminan kematian dan keselamatan bagi karyawan,    

“BPJS Ketenagakerjaan merupakan badan hukum publik yang bertugas melindungi seluruh pekerja melalui 4 program, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP),” jelasnya.

Lebih rinci, menurut M. Firman, program JKK adalah memberikan perlindungan atas risiko-risiko kecelakaan yang terjadi dalam hubungan kerja, termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya, dan penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja. Sedangkan program JKM adalah memberikan manfaat uang tunai yang diberikan kepada ahli waris ketika peserta meninggal dunia yang bukan sebagai akibat kecelakaan kerja.

Terakhir, adalah JHT yaitu berupa uang tunai yang besarannya berdasarkan nilai akumulasi iuran ditambah hasil pengembangannya. Sementara untuk Jaminan Pensiun adalah jaminan sosial yang bertujuan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak bagi peserta dan atau ahli warisnya dengan memberikan penghasilan setelah peserta memasuki usia pensiun, mengalami cacat.

Disisi lain, Kakan Kemenag BU, H. Heriansyah, S.Ag.,MH, melalui Kasi PAIS, Sarmidan, M.Pd.I, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya atas sosialisasi yang dilakukan oleh pihak BPJS BU,

“Melalui pertemuan ini, kami sampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih. Semoga ada manfaatnya bagi karyawan-karyawati Kantor Kemenag BU, serta berharap semoga semua program yang dikemukakan dapat diikuti,” imbuhnya.

{EB}.  

 

 

Bagikan :