Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MIN 2 Bengkulu Selatan

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MIN 2 Bengkulu Selatan

Bengkulu Selatan (Humas) – Terkait dengan pelaksanaan penilaian kinerja kepala madrasah, Ditjen Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah menyusun petunjuk teknis penilaian kinerja kepala madrasah yang kemudian ditetapkan melalui SK Ditjen Pendis Nomor 1111 Tahun 2019. Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala madrasah.

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) merupakan salah satu cara untuk mengukur keberhasilan dalam mencapai target pada tiap indikator yang ditetapkan dalam program. Indikator-indikator tersebut dikembangkan dalam pelaksanaan tugas kepala madrasah dalam 5 (lirna) unsur utama, yaitu: (1) usaha pengembangan madrasah, (2) pelaksanaan tugas manajerial, (3) pengembangan kewirausahaan, (4) pelaksanaan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan, dan (5) hasil kinerja kepala madrasah. Penilaian ini dilakukan secara berkala setiap tahun dan secara kumulatif setiap empat tahun. Hasil penilaian kinerja dikategorikan dalam tingkatan amat baik, baik, cukup, sedang, atau kurang.

MIN 2 Bengkulu Selatan menyambut baik kedatangan tim Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Selatan, Jum’at (27/11). Yang mana dalam hal ini kepala madrasah Hj. Zannatun Na’imah, M.Pd.I menjadi sasaran utama penilaian.

Tim penilai ini dipimpin oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Selatan H. Ahmad Syukri, M.Pd, selaku ketua tim Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM),   Budi Hartono, M.Pd Ketua Pokjawas, Marusdi, S.Pd.MM dan Gustini, M.Pd.I selaku Pengawas Madrasah di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Selatan.

Dalam penilaian ini,  tim dari MIN 2 Bengkulu Selatan terdiri dari para Waka Kurikulum Junivi Sahputri, M.TPd, Waka Kesiswaan Sumarni Apriyanti, S.Pd.I, Waka Humas dan Prasarana Wardati, S.Pd, bendahara keuangan Lini Susti, S.Ag, dan beberapa guru yang telah ditunjuk.

Kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) ini dimulai pada jam 08.00 WIB dan berakhir jam 13.30 WIB di di salah satu ruangan kelas MIN 2 Bengkulu Selatan dengan menyajikan sejumlah bukti fisik sebagai dokumen  kinerja kepala madrasah. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar.

Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Selatan H. Ahmad Syukri, M.Pd selaku ketua tim Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) dalam kesempatan ini menyampaikan apresiasinya kepada seluruh tim yang telah bekerja keras mengumpulkan bukti fisik kinerja kepala madrasah. Berdasarkan hasil pengamatan langsung dokumen yang disiapkan oleh panitia Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM)  MIN 2 Bengkulu Selatan, beliau menyampaikan bahwa dokumen yang ditunjukkan sudah baik, meskipun masih ada sedikit kekurangan. Sehingga diharapkan kedepannya bisa dipenuhi kekurangan tersebut.

Dalam kesempatan ini Kepala MIN 2 Bengkulu Selatan Hj. Zannatun Na’imah, M.Pd.I mengucapkan terima kasih kepada tim Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) yang telah memberikan arahan, motivasi ke arah yang lebih baik. Terima kasih kepada dewan guru yang telah membantu kelengkapan administrasi guru. Ke depan siap berbenah ke arah yang lebih baik menuju madrasah tercinta MIN 2 Bengkulu Selatan yang bermartabat. (Mona)

Bagikan :