H.Ajamalus : Ujian Semester Sarana Mengukur Hasil Kompetensi Belajar siswa

H.Ajamalus : Ujian Semester Sarana Mengukur Hasil Kompetensi Belajar siswa

Lebong (Humas) -- Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Madrasah Ibtidaiah di lingkungan Kantor Kementerian agama Kabupaten Lebong tetap melaksanakan ujian  akhir Semester Tahun Pelajaran 2020-2021 sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan.

“Pelaksanaan ujian akhir semester tahun pelajaran 2020-2021 harus tetap memperhatikan protokol kesehatan penanganan civid 19 dengan menjaga kebersihan mencuci tangan berbasis anti kuman  sebelum dan sesudah ujian,’’ Ujar H. Ajamalus saat monitoring Ujian semester ganjil pada Madrasah Ibtidaiah Negeri 1 Lebong  Rabu, ( 3/12)

Dikatakan H. Ajamalus bahwa monitoring ini untuk memastikan pelaksanaan ujian akhir semester berjalan dengan baik guna mengukur pencapaian hasil kompetensi belajar siswa yang daiajarkan oleh guru selama satu semester.

“Dalam peningkatan mutu pendidikan tidak akan terlepas dari komponen pendidikan yang ada dalam proses pembelajaran, komponen pendidikan itu meliputi kurikulum, proses pembelajaran dan penilain,’’ katanya.

‘’Ketiga komponen tersebut sangat penting dalam pendidikan, kurikulum merupakan penjabaran tujuan yang menjadi landasan proses pembelajaran, proses pembelajaran merupakan upaya yang di lakukan oleh guru untuk mencapai tujuan yang di rumuskan dalam kurikulum, sedangkan penilaian adalah salah satu kegiatan untuk mengukur dan menilai tingkat pencapaian kurikulum,” sambung Ajamalus

Lebih lanjut ia mengtakan penilain hasil belajar merupakan bagian integral dari aktufitas proses pembelajaran yang sangat penting seperti halnya ujian akhir semester  guna mengetahui kekuatan dan kelemahan yang ada dalam proses pembelajaran sehingga dapat di gunakan sebagai pengambil keputusan oleh sebab itu di samping kurikulum yang tepat dan proses pembelajaran yang benar perlu adanya penilaian yang terencana dengan baik.

Penulis bibin

 

 

 

 

 

 

Bagikan :