Hadiri MTQN di Padang, Kakanwil Kemenag Bengkulu Dorong Pemda Kuatkan LPTQ

Hadiri MTQN di Padang, Kakanwil Kemenag  Bengkulu Dorong  Pemda Kuatkan LPTQ

Padang (Humas) --- Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Drs.H. Zahdi Taher.,M.Hi menghadiri acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional ke-XXVIII di Main Stadium Nagari Sikabu Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat. Sabtu, (14/11). Dalam kesempatan itu, Zahdi mendorong penuh langkah Pemerintah Daerah untuk menguatkan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ). 

‘’Sehingga keberadaan LPTQ bisa maksimal memberikan pembinaan dari level bawah untuk mencari bibit-bibit qori-qoriah yang berkualitas.  Kami dari Kemenag siap memfasilitasi. Tetapi  tentu untuk menguatkan keberadaan LPTQ ini, Pemda Provinsi maupun Kabupaten/Kota harus bersinergi dahulu,’’ kata Kakanwil.

Zahdi yang menyempatkan diri bersama Plt.Walikota Dedi Wahyudi.,SE.,M.M, Karo Kesra Pemda Provinsi Drs.Edie Hertawan.,M.Si,  mengunjungi para Kafilah di Dhave Hotel Kota Padang Sumatera Barat. Sabtu, (14/11) juga mengungkapkan,  Kemenag akan siap berada di garda terdepan, bahkan untuk mencari potensi para qori-qori’ah di bumi raflesia, jajaran Kemenag siap berkomitmen memburu bibit-bibit qori-qori'ah itu dengan menggelar event-event perlombaan bergengsi dilevel Madrasah maupun Pondok Pesantren.

‘’Dengan event-event, mereka  yang bakatnya terpendam bisa ditampilkan. Artinya, potensi yang mereka miliki kita hargai dengan menampilkan di forum-forum baik di tingkat Madrasah maupun di tingkat Pontren. Dan nanti akan kita siapkan reward, karena inilah secara tidak langsung perhatian kita kepada mereka,’’ tegas Zahdi.

Dikesempatan yang sama, Plt.Walikota Bengkulu juga sepakat mendorong keberadaan LPTQ baik ditingkat kabupaten/kota maupun Provinsi Bengkulu, bahkan Pemkot siap mengucurkan dana untuk pengembangan LPTQ. Namun Dedi juga meminta agar Pemda Provinsi dapat mengawali pembahasan ini dengan mengundang seluruh Kabag Kesra Pemda se-Provinsi Bengkulu untuk membicarakan program-program kedepan dalam rangka penguatan LPTQ tersebut, termasuk mencari bibit qori-qori’ah dengan memperdayakan rumah hafidz.

‘’Kita berbagi tugas, kita berbagi peran, samakan visi dan misi. Saya yakin jika ini dilaksanakan, Provinsi Bengkulu akan go 10 besar nasional di setiap event MTQ nasional,’’ yakin Dedi.    

Hadir ikut mendampingi Kakanwil, Ketua DWP Hj.Mega Haryanti Zahdi.,S.Ag.,M.Pd, pejabat eselon III, eselon IV dilingkungan Kanwil dan Kemenag Kabupaten/Kota. Hadir juga Plt.Sekda Kota Bengkulu Drs. Bujang.,HR, Ketua LPTQ Drs. H. Syaifullah serta pengurus, dan pejabat jajaran Pemda Provinsi Bengkulu.(Tatang).  

 

Bagikan :