Pemberian BIAS DT dan Td Siswa-siswi MIN 2 Bengkulu Selatan

Pemberian BIAS DT dan Td Siswa-siswi MIN 2 Bengkulu Selatan

Bengkulu Selatan (Humas) – Sehubungan dengan akan dilaksanakan Imunisasi DT dan Td untuk siswa-siswi kelas I (Satu), II (Dua), V (Lima) Tingkat SD/MI tahun 2020 di kabupaten Bengkulu Selatan. MIN 2 Bengkulu Selatan bekerjasama dengan puskesmas M.Thaha mengadakan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yakni pemberian vaksin Difteri dan Tetanus (DT) dan vaksin Tetanus (Td) kepada siswa-siswi MIN 2 Bengkulu Selatan.

Pemberian imunisasi bertujuan untuk mencegah penyakit Difteri dan infeksi pada tenggorokan, mulut sampai ke seluruh tubuh yang cepat menular dan mematikan. Imunisasi ini sangat penting diberikan karena difteri merupakan penyakit infeksi bakteri yang menyerang selaput lendir pada hidung serta tenggorokan.  Penyakit tetanus merupakan hal yang serius karena disebabkan oleh infeksi bakteri Clostridium tetani. Bakteri ini banyak terdapat di tanah, lumpur, dan kotoran hewan atau manusia. Bakteri penyebab tetanus dapat masuk ke dalam tubuh melalui luka atau area terbuka pada kulit, misalnya akibat luka tusukan benda tajam yang kotor. Kuman tetanus akan mengeluarkan racun yang dapat merusak saraf tubuh, sehingga menyebabkan kekakuan dan kelumpuhan otot atau bahkan kematian.

Waka Kesiswaan Sumarni Apriyanti, S.Pd.I bersama beberapa  guru kelas I, II, dan V mendampingi tim kesehatan puskesmas M.Thaha memberikan vaksi DT dan Td kepada 224 siswa-siswi kelas I, II, dan V MIN 2 Bengkulu Selatan di kelas masing-masing pukul 08.30 WIB. Rabu (04/11). Sebelum melakukan penyuntikan tim kesehatan Pukesmas M. Thaha terlebih dahulu menjelaskan kepada siswa-siswi manfaat imunisasi DT dan Td, serta memberikan motivasi agar siswa-siswi berani untuk disuntik.

Dalam kesempatan ini Kepala MIN 2 Bengkulu Selatan Hj. Zannatun Na’imah, M.Pd.I menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim kesehatan puskesmas M.Thaha yang telah memberikan imunisasi DT dan Td kepada siswa-siswi MIN 2 Bengkulu Selatan.

“Semoga siswa-siswi MIN 2 Bengkulu Selatan senantiasa dalam keadaan sehat dan terlindung dari berbagai penyakit terutama penyakit Difteri dan Tetanus di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Dengan selalu menerapkan pola hidup sehat, menjaga kesehatan dan kebersihan, olahraga secara teratur, mencuci tangan sebelum makan dan memakan makanan yang bergizi.” Harap Ibu Zannatun Na’imah, M.Pd.I. (Humas MIN 2 BS)

Bagikan :