Di Kemenag Kab. Kaur, Kepala Kemenag Kab. Benteng Ikuti Peringatan Upacara HSN 2020

Di Kemenag Kab. Kaur, Kepala Kemenag Kab. Benteng Ikuti Peringatan Upacara HSN 2020

Bengkulu Tengah (Inmas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bengkulu Tengah H. Sipuan, S.Ag.,MM mengikuti Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2020 yang dipusatkan di Kantor Kementerian Agama Kab. Kaur.

Pelaksanaan Hari Santri Tahun 2020 menjadi pelaksanaan yang tidak biasa diselenggarakan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga jarak. Kekhidmatan Upacara masih tetap terjaga. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Drs. Zahdi Taher, M.HI bertindak inspektur upacara membacakan Sambutan Menteri Agama RI dalam Upacara Bendera Peringatan Hari Santri, Kamis (22/10).

Dalam amanat Menteri Agama RI Fachur Razi yang dibacakan langsung oleh Ka.Kanwil Kemenag Bengkulu, Menteri Agama mengajak kepada para santri untuk ikut mencegah penyebaran virus Covid 19 ditengah masyarakat yang saat ini telah menjadi wabah secara internasional dengan penerapan pola hidup sehat dan disiplin menerapkan 3M (menggunakan msker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) dalam kehidupan sehari-hari.

" Kita semua sadar bahwa pesantren sebagai entitas yang rentan akan persebaran Covid 19.Keseharian dan pola komunikasi para santri yang biasa tidak berjarak satu dengan yang lainnya adalah model komunikasi islami, unik dan khas,namun juga rentan akan penyebaran virus. Namun modal utama pencegahan penyebaran virus ini adalah kedisiplinan yang selama ini diajarkan kepada para santri,keteladanan dan kehati-hatian Kiyai dan pimpinan Pondok Pesantren,karena mereka tetap akan mengutamakan keselamatan santrinya dibandingkan dengan yang lain ", kutip beliau.

Meski dalam suasana diguyur hujan upacara berlangsung dengan khitmat dan lancar. Selain membacakan amanat dari menteri Agama, Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu juga berpesan kepada seluruh santri agar terus semangat menimba Ilmu di Pondok Pesantren,baik ilmu agama maupun ilmu lainnya yang nantinya akan menghantarkan para santri ke masa depan yang lebih cemerlang.

Sementara itu ketika ditemui usai Upacara Hari Santri, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bengkulu Tengah H. Sipuan, S.Ag.,MM didampingi Kasi Pendis Muhammad Ali, S.Pd.I.,M.Pd menjelaskan sesuai dalam sambutan Menteri Agama RI latar belakang diusungnya tema mengenai kesehatan pada Hari Santri di tahun ini, " untuk peringatan hari santri tahun ini secara khusus mengusung tema 'Santri Sehat, Indonesia Kuat '. Isu kesehatan diangkat berdasar fakta bahwa dunia internasional, tak terkecuali Indonesia saat ini tengah dilanda pandemi global Corona Virus Disease 2019 ", jelas H.Sipuan.  (jion)

Bagikan :