Ka Kemenag : Ukur Profesionalisme Guru, Kepala Madrsah Dan Pengawas Dengan Asesmen Kompetensi

Ka Kemenag  : Ukur Profesionalisme Guru, Kepala Madrsah Dan Pengawas Dengan Asesmen Kompetensi

Lebong (Humas) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Drs. H. Ajamalus MH melalui Kasi Pendis Fahmi Rozi menggelar sosialisasi Asesmen Kompetensi Guru(AKG) Asesmen Kompetensi Kepala (AKK) dan Asesmen Kompetensi Pengawas(AKP) di aula sakinah Kantor Kemenag Lebong pada Rabu, ( 21/10).

Dikatakan Fahmi Rozi merupakan salah satu prioritas rencana strategis Kemenag melalui Ditjen Pendidikan Islam adalah peningkatan mutu pembelajaran melalui peningkatan mutu guru, Kepala Madrasah dan tenaga kependidikan di madrasah dilaksanakan melalui sekema program pengembangan keprofesian berkelanjutan.

“Salah satu langkah awal sebelum melakukan program pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru dan tenaga kependidikan madrasah adalah tersedianya baseline pemetaan kompetensi guru dan tendik madrasah, baseline dan pemetaan kompetensi guru tersebut dapat di lakukan melalui asesmen kompetensi guru, Kepala dan Pengawas,” ujar Fahmi Rozi

Ia menjelaskan tujuan dari AKG, AKK, dan AKP antara lain untuk memperoleh informasi guru, Kepala dan Pengawas sesuai dengan setandar yang telah di tetapkan. Mendapatkan peta sebaran dan kompetensi guru Kepala dan Pengawas sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pembinaan profesional guru, Kepala dan Pengawas dalam program pengembangan keprofesian berkelanjutan. Tersusunnya instrumen asesmen kompetensi guru, Kepala dan pengawasan yang akan di jadikan rapordala  kompetensi yang akan di jadikan acuan kepada semua pihak yang terkait dalam penyusunan kebijakan pengembangan keprofesionalan guru, Kepala madarsah dan pengawas.

“Asesmen Kompetensi guru meliputi: Kompetensi Pedagogik dan kompetensi profesinal. asesmen Kompetensi Kepala Madrasah meliputi: Kepemimpinan, Manejerial, supervisi, dan kewira usahaan. Asesmen Kompetensi Pengawas meliputi: supervisi akademik, supervisi Manejerial, Evaluasi Pendidikan dan penelitian pengembangan,” tutup Fahmi Rozi.(Bibin)

 

 

Bagikan :