Kanwil Kemenag Bengkulu Mantapkan Kesiapan ‘’Sippa Dhamma Samajja’’, 30 Siswa Siap Unjuk Kebolehan

Kanwil Kemenag Bengkulu Mantapkan Kesiapan ‘’Sippa Dhamma Samajja’’,  30 Siswa Siap Unjuk Kebolehan

Bengkulu (Humas) --- Untuk memantapkan kesiapan gelaran Sippa Dhamma Samajja yang akan dihelat pada tahun 2021 mendatang, Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu menggelar pembinaan karakter peserta didik Agama Buddha. Jumat, (16/10). Kegiatan digelar di Madeline Hotel Kota Bengkulu, dan dibuka secara resmi oleh Kakanwil Kemenag Drs. H. Zahdi Taher.,M.Hi.

Pembinaan karakter peserta didik ini diikuti sebanyak 40 peserta yang terdiri Kota Bengkulu sebanyak 15 siswa, kabupaten Bengkulu Utara sebanyak 7 siswa, Kabupaten Kepahiang sebanyak 6 siswa dan 12 siswa dari Kabupaten Rejang Lebong. Dari ke-40 peserta, akan diambil 30 peserta yang mewakili Provinsi Bengkulu untuk mengikuti ajang nasional itu.

Kakanwil Kemenag dalam kesempatan itu mengapresiasi inovasi yang digelar Pembimmas Buddha, dimana dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas mental spiritual peserta didik dalam menumbuh kembangkan bakat, minat, kreativitas dan keterampilan peserta didik.

‘’Program pembinaan ini juga diharapkan dapat meningkatkan motivasi semangat belajar siswa-siswi untuk menjadi yang terbaik dalam pelaksanaan Sippa Dhamma Samajja tingkat nasional di tahun 2021 mendatang,’’ kata Zahdi.

Selaku Kakanwil Kemenag yang baru diamanahkan, tentu Zahdi siap berkomiten mendukung inovasi-inovasi umat Buddha dalam meningkatkan kualitas iman dan keterampilan bagi calon generasi bangsa Indonesia, khususnya anak-anak umat Buddha yang ada di Provinsi Bengkulu.

‘’Apalagi dengan Sippa Dhamma Samajja ini, merupakan suatu kegiatan berkumpul untuk unjuk keahlian dan keterampilan tentang Dhamma ajaran Buddha,’’ ungkap Zahdi mengakhiri.

Di kesempatan yang sama, Pembimmas Buddha Kanwil Kemenag Warlan.,M.Pd mengaku siap mendidik anak-anak Buddha untuk unjuk kebolehan dalam ajang Sippa Dhamma Samajja yang akan dihelat tahun 2021 mendatang. Bahkan Warlan menargetkan akan meraih yang terbaik untuk mengharumkan nama baik Provinsi Bengkulu dalam ajang bergengsi itu.

‘’Ya harapan kita, 30 siswa-siswi yang akan diutus mewakili Provinsi Bengkulu nanti bisa meraih predikat terbaik, dan mudah-mudahan prestasi yang diraih pun lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,’’ harap Warlan.

Sementara itu, beberapa lomba yang diikuti dalam ajang tahunan itu yakni Dhamma Gita yaitu menyanyi lagu rohani Buddha, Dhamma Vijja yaitu menguji pengetahuan Dhamma melalui cerdas cermat, Dhamma Vikata yaitu menyajikan Dhamma dalam bentuk cerita bergambar berdasarkan isi kitab suci Tripitaka, Dhammapada yaitu mengucapkan syair-syair Dhamma pada dengan cara hapalan, Dhamma Katha yaitu pidato Buddhis serta Dhamma Khayika yaitu bercerita Buddhis.  

Hadir dalam kesempatan itu, Kasubdit Pendidikan Dasar dan Menengah pada Ditjen Bimmas Buddha kemenag RI Paniran.,S.Ag., M.Si, Ketua Permabuddhi Provinsi Bengkulu Tuti Khusnedy, Ketua Majelis Buddhayana Indonesia Bengkulu Herwani, Ketua Majelis Mapanbumi Hadi Chandra, Ketua Majelis Martrisia Edi Kasim, Ketua Majelis Madhatantri Romo Achady Agam, Ketua Majelis MegaBudhi Doni Tanutama, Ketua wanita Buddhis Meriyanti, dan Ketua yayasan Sakyamuni Kota Bengkulu Edi Susanto serta Ketua KKGAB Bengkulu Suratno.(Tatang)

 

Bagikan :