Siswa Peneliti MAN 1 Mukomuko Ikuti Madrasah Young Researcher Super Camp Tahun 2020

Siswa Peneliti MAN 1 Mukomuko Ikuti Madrasah Young Researcher Super Camp Tahun 2020

Mukomuko (Inmas). Lima siswa MAN 1 Mukomuko berhasil mendaftarkan diri sebagai peserta Madrasah Young Researcher Super Camp (MYRES) Tahun 2020. Keenam siswa tersebut telah mendaftarkan diri melalui situs http://madrasah.kemenag.go.id/myres2020 dengan meng-upload proposal penelitian dan surat pernyataan sebagai persyaratan utama.

Kelima siswa yang terpilih tersebut yaitu Ganis Suknowati dan Siti Nurjanah dengan judul proposal “Power Bank dari Energi Surya.” Suryani dengan judul proposal penelitian “Eksistensi nandai sebagai tradisi penggugah minat baca masyarakat kecamatan Ipuh.” Amelia febrianty judul proposal penelitian “Budaya adat perkawinan masyarakat pekal dan larangan perkawinan satu kaum”. Selanjutnya Fithriyah Salsabila Harahap dengan judul proposal penelitian “Sistem Keamanan Anti Maling pada Perkebunan Kelapa Sawit Menggunakan Sensor PIR dan GSM Module Berbasis Arduino”

Kepala MAN 1 Mukomuko, Bapak Sardianto, S.Pd. menyampaikan kepada guru Pembina untuk melakukan bimbingan sesuai dengan Juknis Pelaksanaan MYRES Tahun Anggaran 2020 dalam penulisan proposal penelitian.

Menurut Dirjen Pendis Kemenag RI melalui Surat Keputusannya Nomor: 4531 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Madrasah Researcher Super Camp Tahun Anggaran 2020 menyampaikan bahwa Tujuan MYRES diantaranya adalah Memotivasi siswa untuk berkreasi dalam berbagai bidang ilmu sesuai dengan minat dan bakatnya. Selain itu MYRES juga bertujuan untuk menumbuh kembangkan budaya meneliti dikalangan siswa-siswi madrasah.

MYRES tahun 2020 diikuti siswa MAN 1 Mukomuko melalui penelitian perorangan dan kelompok. Hal ini dilakukan sesuai dengan juknis dari Dirjen Pendis Kemenag RI. Penelitian kelompok terdiri dua orang diamana satu orang sebagai ketua dan yang lainnya sebagai anggota.

Berdasarkan pegumuman dari panitia, hasil penilaian proposal penelitian akan diumumkan pada tanggal 6 Oktober 2020 melalui situ http://madrasah.kemenag.go.id/myres2020/. MAN 1 Mukomuko optimis mampu akan menyajikan proposal penelitian sesuai dengan standar proposal yang dtentukan oleh panitia MYRES 2020. *(J88)

Bagikan :