Hindari Penyakit Menular, Tim Kesehatan Periksa Siswa dan Guru MTs N 1 Lebong

Hindari  Penyakit Menular, Tim Kesehatan Periksa Siswa dan Guru MTs N 1 Lebong

Lebong (Humas) - Selama kurang lebih 2 tahun berjalan telah menyaksikan sejumlah wabah penyakit menular dengan  perkembangannya yang sangat pesat sehingga menimbulkan kekhawatiran yang menyoroti risiko kesehatan dan keselamatan.

Kepala Madarsah Tsanawiah Negri 1 Lebong  Nurlizah mengatakan dalam upaya pencegahan penyakit menular tim kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Lebong Utara memeriksa siswa/i ,semua guru dan TU MTs N 1 Lebong untuk memastikan tidak terdapat penyakit menular di ruang TU MTs N 1 Lebong pada Jumat (25/09) yang lalu.

“Dengan adanya pemeriksaan dari Puskesmas Kecamatan Lebong Utara dapat diketahui siswa/i atau guru MTs N 1 lebong riwayat kesehatan bagi mereka sehingga jika kedapatan ada siswa/i maupun guru yang kesehatanya terganggu akan dapat segera di tangani agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Nurlizah

Ia berharap dengan adanya pemeriksaan kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Lebong Utara semua siswa/i guru dan TU MTs N 1 Lebong dapat terhindar dari penyakit menular dan berbahaya.

Sementara itu salah satu petugas kesehatan Puskesmas Kecamatan Lebong Utara Imas Junaini mengatakan bahwa penyakit menular adalah gangguan yang disebabkan oleh organisme seperti bakteri, virus, jamur atau parasit.

Disamping itu juga ada banyak organisme yang ada di dalam tubuh yang bersipat membantu kekebalan tubuh namun dalam kondisi tertentu beberapa organisme menyebabkan penyakit. bebrapa penyakit menular dapat di tularkan dari orang ke orang maupun hewan baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Terdapat tiga kelompok penyakit menular yaitu  penyakit yang sangat berbahaya karena angka kematian yang sanagat tinggi, penyakit menular tertentu yang menimbulkan kematian dan cacat walaupun akibatnya lebih ringan dari yang pertama, penyakit menular yang jarang menimbulkan kematian dan cacat tetapi dapat mewabah yang dapat menimbulkan kerugian materi dan kesehatan” tutup Imas Junaini.(Bibin)

 

 

 

 

Bagikan :