Kegiatan IHT MAN Bengkulu Selatan Tingkatkan Kualitas Guru

Kegiatan IHT MAN Bengkulu Selatan Tingkatkan Kualitas Guru

Bengkulu Selatan (Humas)- In House Training (IHT) merupakan kegiatan rutin MAN Bengkulu Selatan untuk peningkatan kompetensi Guru MAN Bengkulu Selatan demi terlaksananya pembelajaran yang berkualitas. Kegiatan IHT dilaksanakan di Ruang Guru diikuti seluruh guru MAN Bengkulu Selatan.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh Dra. Dwi Sugilarwati, M.Pd.I selaku Kepala Madrasah, kemudian dilanjutkan sambutan dan penjelasan kebijakan madrasah, Kemenag.

Seiring dengan adanya pandemi Covid-19 ini, MAN Bengkulu Selatan menerapkan model pembelajaran daring online dan tatap muka terbatas. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM),“belajar dari rumah” telah mengubah gaya belajar, kebiasaan belajar dan pengelolaan bimbingan belajar siswa.

Wakil kepala bidang kurikulum MAN Bengkulu Selatan Usman Gumanti, S.Pd, ketika di konfirmasi mengatakan bahwa Guru yang terbiasa dan profesional mengajar tatap muka, harus mengupdate diri mengintegrasikan kemampuan pedagogik dengan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Untuk itu diperlukan proses transisi yang memerlukan pelatihan atau workshop bagaimana menerapkan model-model pembelajaran, yang saat ini dipengaruhi oleh pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. salah satu teknologi informasi yang ikut berperan dalam dunia pendidikan adalah pembelajaran Daring.

“Pembelajaran daring inilah sebagai penghubung antar pendidik dengan siswanya dengan internet yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja, Dan kita kini  sering menggunakan media daring adalah seperti whatsApp, App Google Education, Google Classroom, Website MANBS,  Zoom Meeting, dan lain lain” sampainya.

Kegiatan IHT yang dimulai Senin, 28 September 2020 ini akan berlangsung sampai Jumat, 9 Oktober 2020. Wakakurikulum MAN Bengkulu Selatan, Usman Gumanti, S.Pd mengatakan bahwa kegiatan IHT ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme para guru khususnya kompetensi pedagogik dalam menerapkan model pembelajaran daring di masa pandemic covid-19. Selain itu juga meningkatkan sumber belajar digital. tentang model pembelajaran daring yang mudah di akses para guru, sekaligus meningkatkan keunggulan, dan kreatifitas guru dalam menyusun RPP dalam menerapkan model Pembelajaran di masa new norma pandemic covid-19.l.

Dra Dwi Sugilarwati, M.Pd.I, Kepala MAN Bengkulu Selatan berharap, setelah mengikuti kegiatan In House Training ini, semua guru MAN Bengkulu Selatan mampu memahami konsep, cara mengembangkan, mendesign pembelajaran kombinasi daring dan tatap muka terbatas, serta mengasah selalu ketrampilan menggunakan Microsoft Office 365 guna menunjang kelancaran KBM

“Banyak terimakasih kepada narasumber dan semua peserta IHT yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini. Semoga ilmu yang diperoleh dapat menjadi amal jariyah kita”, ujarnya. (Ich_AbuHanifah)

Bagikan :