Kakanwil Kemenag : Jaga Agama, Jaga Jiwa, dan Tetap Jaga Akal dan Harta

Kakanwil Kemenag : Jaga Agama, Jaga Jiwa, dan Tetap Jaga Akal dan Harta

Bengkulu Utara (Humas) – Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. H. Zahdi Taher, M. Hi melalui Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. H. Ramlan, M.Hi mengatakan, keputusan Menag RI bahwa keberangkatan Jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji 1441H/2020M dibatalkan ini merupakan takdir Allah SWT, yang menguji iman Calon Jemaah Haji (CJH) khususnya dari Provinsi Bengkulu  

‘’Karena kebijakan ini diambil Pemerintah harus mengutamakan keselamatan jemaah di tengah pandemi Corona Virus Disease-19 (Covid-19) yang belum usai. Karenanya, dengan batalnya keberangkatan pada tahun ini, saya mengajak kepada Bapak/Ibu untuk tetap menjaga agama, menjaga jiwa, dan tetap menjaga akal, harta dan menjaga keturunan,’’ kata Kakanwil pada kegiatan  Sosialisasi Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 494 Tahun Tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 H/2020 M, di Masjid Nurul Fallah Desa Karang Suci Kota Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara. Jumat, (25/9).

Menurut Ramlan, takdir Allah SWT adalah ketentuan yang tidak bisa ditebak dan ditolak. Selaku hambanya yang lemah, dia mengajak kepada CJH Bengkulu Utara untuk tetap bersabar dan ikhlas menerima ujian dari Allah SWT ini.

‘’Kita harus tetap optimis, bahwa wabah pandemic virus corona ini akan berakhir. Sehingga tahun 2021 mendatang, CJH bisa berangkat menunaikan ibadah haji,’’ imbuh Ramlan.

Namun demikian, hikmah yang dipetik dalam pembatalan keberangkatan haji tahun ini adalah peluang bagi CJH untuk mempersiapkan hal-hal ibadah haji seperti penyiapan dokumen haji, upaya meningkatkan kesehatan bagi calon para Jemaah haji waktunya semakin panjang. Selain dengan pembatalan ini juga Bapak dan Ibu bisa memperdalam pemahaman manasik haji secara mandiri terbuka luas sepanjang tahun.

‘’Nikmatilah pembatalan keberangkatan ini dengan mempersiapkan hal-hal ibadah haji secara maksimal, dan yang terpenting jaga kesehatan dan tetap mematuhi protocol kesehatan,’’ demikian Ramlan.

Sementara itu, Kakan Kemenag Bengkulu Utara H. Heriansyah, S.Ag., M.H mengatakan, dari 199 kuota CJH Bengkulu Utara, pihaknya membagi pelaksanaan dengan dua angkatan. Angkatan pertama diikuti sebanyak 100 jemaah, dan angkatan kedua diikuti sebanyak 99 jemaah. ‘’Untuk tahap kedua, kita laksanakan pada hari Sabtu besok (26/9),’’ demikian Heriansyah.

Hadir dalam kesempatan, Kasubag Umum dan Humas Kanwil Kemenag H. Irmaidi, S.Sos, Kasi Bina Haji Reguler dan Advokasi Haji Kanwil Kemenag H. Nahwan Effendi, S.Ag, Kasi Penyelengaraan Haji dan Umrah Kemenag Bengkulu Utara Hamida Sri Rahmi, serta staf dan jajaran Kemenag Bengkulu Utara.  (Tatang)

 

Bagikan :