Kemenag RI Kucurkan Rp. 320 Juta BOP ke Rejang Lebong

Kemenag RI Kucurkan Rp. 320 Juta BOP ke Rejang Lebong

CURUP (HUMAS) – Kementerian Agama RI mengucurkan anggaran sebesar Rp.320 juta untuk Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) di Kabupaten Rejang Lebong (RL). Didampingi Kakan Kemenag Rejang Lebong Drs. H. Lapulangi., M.M, bantuan diserahkan secara simbolis oleh anggota Komisi 8 DPR RI H. Muhammad Saleh, S.E di Aula Kantor Kemenag. Kamis, (24/9).

Penyerahan bantuan ini merupakan kerjasama antara Anggota Komisi 8 DPR RI dengan Kemenag RI, sebagai wujud kepeduliaan dan perhatian pemerintah disuasana duka wabah virus corona. Penyerahan bantuan juga disaksikan secara langsung oleh Kakanwil Kemenag yang dalam hal ini diwakili Kasi Pontren dan Ma’had Ali Kanwil Kemenag H. Bunyani, S.Ag, Kasi Pendidikan Diniah, Takmiliyah dan Al.quran H. Zakir Ramadhan, Kasubag Umum dan Humas Kanwil Kemenag H. Irmaidi, S. Sos, serta jajaran Kemenag RL.

Dalam kesempatan itu, Saleh menjelaskan, selain mengelontorkan dana, juga diserahkan bantuan masker dari BNPB, Al-Qur’an untuk Kemenag RL. Sementara itu, dari anggaran dana 320 juta dibagi dengan rincian yakni Rp. 220 juta untuk 22 TPQ/LPTQ, 7 lembaga MDTA dan Rp 100 juta  untuk 4 Pondok Pesantren. ‘’Masing-masing 22 TPQ/LPTQ akan menerima Rp 10 juta, dan masing-masing Pontren akan menerima kucuran dana Rp 25 juta,’’ kata Saleh.      

Bantuan tersebut menurut M. Saleh tidak ada potongan, bahkan dia pun selaku mitra kerja Kemenag RI berkomitmen akan mengawal proses realisasi dari bantuan itu. Sehingga bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh lembaga pendidikan di wilayah kota idaman ini. Namun demikian, dia menegaskan bantuan ini bukan untuk kepentingan pribadi.

‘’Saya ingatkan, jangan pengurus lembaga memanfaatkan bantuan ini untuk kepentingan pribadi, jika tidak ingin berurusan dengan aparat penegak hukum. Bantuan ini untuk kepentingan umat, silahkan dimanfaatkan dengan baik dan maksimal,’’ pesan Saleh.

Sementara itu, Kakan Kemenag RL mengapresiasi perhatian dari Kemenag RI dan anggota komisi 8 DPR RI yang telah memperjuangkan anggaran dana bantuan untuk lembaga pendidikan di wilayah Kota Curup. Lapulangi berjanji, akan siap mengawal bantuan ini hingga dimanfaatkan oleh lembaga dengan tepat sasaran.  

‘’Ini perhatian yang sangat luar biasa. Kami mengucapkan terimakasih, semoga bantuan ini dapat membantu lembaga pendidikan, terutama dalam peningkatan sarana dan prasarana serta kebutuhan operasional pendidikan,’’ demikian Lapulangi.(Tatang)

Bagikan :