Kakanwil Hadiri Langsung Pembukaan Sosialisasi KMA Kemenag Bengkulu Selatan

Kakanwil Hadiri Langsung Pembukaan Sosialisasi KMA Kemenag Bengkulu Selatan

Bengkulu Selatan (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten (Kankemenag) Bengkulu Selatan (BS) selenggarakan kegiatan sosialisasi Keputusan Menteri Agama(KMA) Nomor 494 Tahun 2020 tentang pembatalan keberangkatan jemaah haji  pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1441 H/2020 M bertempat di Masjid Jami’ At-Taqwa Manna, Rabu (7/9/2020).

Acara ini dibuka langsung oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. H. Bustasar, MS. M.Pd dihadiri Kabag. Tata Usaha Drs. H. Yasaroh Maksum, M.HI, Kabid. Haji dan Umroh, seluruh Kasi Kemenag BS, Kepala KUA, Kepala Madrasah, dan jamaah Haji kecamatan Kota Manna.

Dalam hal ini Kakanwil Kemenag menyampaikan bahwa Pemerintah melalui Kementerian Agama telah mengeluarkan keputusan pembatalan pemberangkatan jemaah haji pada tahun 2020, pembatalan ini dikarenakan Saudi Arabia bahkan dunia sedang mengalami bencana non alam yaitu pandemi Covid-19, saat ini Negara tujuan Saudi Arabia sedang melakukan Lockdown, mereka belum dapat menerima tamu dari Negara manapun, maka dari itu KMA ini harus disosialisasikan kepada masyarakat terutama Jemaah haji yang akan berangkat ditahun  ini, ini semua untuk mengantispasi penyebaran covid-19.

“Pemerintah melalui Kementerian Agama telah mengeluarkan keputusan pembatalan pemberangkatan jemaah haji pada tahun 2020, pembatalan ini dikarenakan Saudi Arabia bahkan dunia sedang mengalami bencana non alam yaitu pandemi Covid-19, Keputusan ini diambil demi mengutamakan dan menjaga kesehatan serta keselamatan para jemaah haji sehingga tidak terpapar Covid-19. Pasalnya hingga saat ini  pandemi Covid-19 belum bisa dikendalikan, maka kita harus senantiasa menjaga kesehatan, kebersihan, serta ikutilah protokol-protokol yang telah ditetapkan pemerintah”, ungkap H. Bustasar.

Dalam hal ini Ka. Kemenag BS H. Arsan S. Ibrahim, M.HI menyampaikan terima kasih atas kesediaan Kakanwil Kemenag untuk berkunjung sekaligus memberikan arahan terkait KMA Nomor 494 tentang pembatalan keberangkatan jamaah haji tahun 2020 ini, sehingga dapat menguatkan keyakinan dan menumbuhkan semangat para jamaah.

“tujuan dilaksanakan sosialisasi ini agar masyarakat luas dapat mengetahui dan memahami secara utuh keputusan pembatalan pemberangkatan haji ini, sehingga masyarakat memiliki pemahaman yang sama serta dapat saling menguatkan satu sama lainnya dan yakinlah dibalik keputusan pembatalan pemberangkatan ini ada hikmahnya bagi kita semua”, papar H. Arsan. (Faisal)

Bagikan :