Sikapi Pembatalan Haji, Kakanwil Ajak Jamaah Haji Kab. Kaur Meningkatkan Kualitas Ibadah

Sikapi Pembatalan Haji, Kakanwil Ajak Jamaah Haji Kab. Kaur Meningkatkan Kualitas Ibadah

Bengkulu (Humas) - Dengan diterbitkannya KMA 164 Tahun 2020 tentang pembatalan keberangkatan jamaah haji tahun 1441 H, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Drs. H. Bustasar MS, M.Pd bersama rombongan melakukan perjalanan ke Kabupaten Kaur untuk bertatap muka langsung dengan calon jamaah haji Kabupaten Kaur yang tertunda keberangkatannya di Masjid Al Kahfi, Kaur, Jumat (10/9).

Dalam sambutannya Kakanwil memaparkan, pembatalan keberangkatan jamaah haji masa pandemi covid-19 ini tidak serta merta diterbitkan keputusannya begitu saja, tetapi dikaji dengan berbagai pertimbangan demi keselamatan jamaah haji.

"Penundaan keberangkatan jamaah haji ini dikarenakan pandemi virus Covid-19 yang tengah melanda dunia, saat ini keberadaan virus ini sulit dideteksi dengan banyaknya orang tanpa gejala yang ternyata telah terpapar virus Covid-19, sedangkan jamaah haji kita dominan berusia lanjut yang sangat rentan berakibat fatal jika terpapar, maka dari itu dengan berbagai pertimbangan, terutama sekali untuk keselamatan jamaah haji itu sendiri maka diterbitkan KMA 164 Tahun 2020 tentang pembatalan keberangkatan jamaah haji tahun 1441 H" terang Kakanwil.

"Masa tenggang waktu keberangkatan untuk tahun depan ini hendaknya selalu menjaga kesehatan, menerapkan protokol kesehatan yang selalu digaungkan pemerintah dalam menyikapi penyebaran virus covid-19, dan mari kita isi dengan meningkatkan kualitas ibadah kita, mengerjakan amalan-amalan sunnah dan berlomba-lomba beramal soleh lillahi ta'ala, dengan bermodal kualitas ibadah dan amal-amal soleh yang telah dilakukan, mudah-mudahan sekembalinya dari kota suci mekah tahun depan akan meraih haji mabrur, aamiin" ujar Kakanwil.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kaur Drs. H. Zainal Abidin MH menerangkan, kepada 107 orang kuota jamaah haji Kabupaten Kaur yang tertunda keberangkatannya pihaknya juga selalu menjalin komunikasi dengan baik, saling berbagi informasi terkait berita-berita terbaru seputar haji, melakukan pembinaan-pembinaan, dan selalu bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur demi kemaslahatan umat" ujarnya. (js)

Bagikan :