Bendahara MTsN 6 Mukomuko Gali Pengetahuan Tentang Penerapan Rekening Virtual

Bendahara MTsN 6 Mukomuko Gali Pengetahuan Tentang Penerapan Rekening Virtual

Mukomuko (Inmas), Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor-183/PMK.05/2019 tentang pengelolaan rekening pengeluaran milik kementerian negara/lembaga, pada Akhir tahun 2020, seluruh satker pengelola APBN agar menyelesaiakn proses peralihan rekening menjadi rekening virtual acount.

Untuk memahami proses tersebut, Bendahara MTsN 6 Mukomuko, Mustopa, mengikuti sosialisasi penatausahaan rekening pemerintah dan penggunaan marketpalce pada Kamis, (27/08), di Aula Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Mukomuko.

“berdasarkan penjelasan dari pihak KPPN Mukomuko, bahwa rekening akan terpusat di eselon satu kementerian lembaga masing-masing, untuk satker menggunakan rekening virtual acount, sehingga seluruh dana dan transaksi dapat dipantau dari pusat,” Jelas mustopa menirukan pemateri dari KPPN.

Lebih lanjut mustopa menjelaskan, proses peralihan rekening terpusat dilakukan dengan tahapan waktu yaitu, Maret 2020 untuk Satker Lingkup Kementerian Keuangan, Juli 2020 untuk Satker Lingkup K/L yang tidak memiliki unit vertikal di daerah, kemudian pada Desember 2020 untuk seluruh Satker Lingkup Kementerian Lembaga.

“Dengan tahapan tersebut, maka pada awal tahun 2021 kemungkinan satker termasuk MTsN 6 Mukomuko sudah menggunakan rekening virtual,” Jelasnya. (Mustopa)

 

Bagikan :