Maksimalkan KBM IPA, MTs BM Curup Bangun Kolam Ikan

Maksimalkan KBM IPA, MTs BM Curup Bangun Kolam Ikan

CURUP (Humas) - Upaya maksimalisasi kegiatan Belajar Mengajar (KBM), MTs. Baitul Makmur Curup (BMC) membangun kolam ikan  didepan kantor. Kolam rencannya akan dijadikan media atau tempat pengamatan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), maka bagian sisi depan kolam akan dibuat dari kaca sehingga ikan dah kehidupan air didalamnya bisa diamati dari luar kolam.

arsitek kolam pembelajaran BMC Ust. Asriandi, S.Pd.I mengungkapkan, pembelajaran dengan praktek dan pengalaman mengamati secara langsung dirasa akan memberikan dampak efektifitas dari segi waktu. Karena semua berdasarkan pengalaman belajar peserta didik. Pola pembelajaran seperti ini yang nantinya akan terus dikembangkan, sehingga santri BMC bisa memamahami pelajaran dengan pemahaman yang baik.

Disamping itu juga kola mini akan didesain dengan sismtem filterisasi air dengan memanbahkan dua bak penampungan pada sisi kiri kolam dengan menggunakan media pembersih alami. “kita akan memanfaatkan  bahan alam seperti bebatuan, ijuk, pasir dan lain sebagainya sebagai media pembersih air nantinya, inin nantinya bisa diterapkan  santri kita ketikan akan menjernihakan air yang keruh” ungkap Ust. Asriandi, S.Pd.I.

Kolam pembelajaran ini akan menjadi media langsung yang dapat disentuh dan diamati santri, dan akan di isi bebrapa jenis ikan dan hewan air. “ Yakin dengan pola kolam belajar akan menjadikan santri belajar efektif dan ceria” diskusi Asriandi dan Umi Defi Pebriani, M.Pd dengan rekan sesama guru pengampu IPA Reka Harmasruti, S.Pd.

Dengan demikian upaya dan usaha yang akan dilakaukan terus bergerak dinamis mengikuti perkembangan yang ada demi tujuan pendidikan yang lebih baik dan mendidik generasi yang religius dan cerdas. (***)

Bagikan :